Metode Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jerman dengan Schӧnes
Papier an der Wand
MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Bahasa Indonesia Keilmuan
yang dibina oleh Ibu Siti Robiah Al Adawiyah
Oleh
Lika Chusnul Aissyah
140241600502
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
PROGRAM S1 PENDIDIKAN
BAHASA JERMAN
November 2015
Metode Penguasaan Kosa Kata Bahasa Jerman dengan Schӧnes
Papier an der Wand
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Metode schӧnes papier an der Wand merupakan metode penguasaan kosakata bahasa Jerman yang
dihafalkan secara tidak sengaja maupun disengaja. Metode ini merupakan metode
yang tepat bagi peserta didik yang sering kesulitan dalam menghafalkan sesuatu.
Schӧnes
papier an der Wand tidak hanya berfungsi
sebagai penghafalan kosakata saja, tetapi dapat juga digunakan sebagai
pengingat tugas, kata-kata penting yang harus dikuasai dan sebagai Inovasi yang
unik dalam penghafalan kosakata. Penerapanya adalah dengan kertas yang
ditempelkan di tembok, tetapi ini juga dapat ditempelkan dimana saja seperti
dekat dengan kaca atau tempat-tempat tertentu yang sering di hampiri. Didalam
bahasa Jerman, penggunaan kosakata sangat penting untuk bisa dihafalkan bahkan
sudah harus diluar kepala. Karena ilmu bahasa Jerman tidak akan berkembang dan
paham jika kosakata tidak dapat dihafalkan dengan baik, Seperti kennenlernen (perkenalan), zahlen (angka), datum (tanggal), Tag
(hari), Nomen (nama Benda) dan lain
sebagainya yang merupakan kata sehari-hari yang digunakan dalam berbahasa
Jerman. Inovasi yang dibuat untuk schӧnes papier an der Wand adalah seperti menempelkan banyak stiky note berwarna-warni yang membentuk satu gambar atau satu
tokoh favorit dimana stiky note yang
membentuk satu tokoh itu dipenuhi dengan tulisan kosa kata bahasa Jerman, digunakan
agar peserta didik dapat dengan mudah mengingat kosa kata dalam bahasa Jerman.
peserta didik yang mempelajari bahasa Jerman kesulitan
dalam menghafal adalah mereka yang cenderung sering membuka kamus biasa ataupun
yang berbasis android saat ada kata-kata yang tidak dimengerti lalu dibiarkan
begitu saja,tidak dicatat ataupun dihafalkan,terutama peserta didik pemula yang
memilih jurusan Pendidikan Bahasa Jerman yang belum pernah mempelajari bahasa
Jerman.
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan di atas, maka
diperlukan metode schӧnes papier an der Wand untuk penguasaan kosa kata yang sempurna, memudahkan dan
membiasakan mahasiswa dalam menghafal begitu banyak kosa kata bahasa Jerman dan
membuat para mahasiswa lebih bisa mengandalkan pikirannya untuk mengingat,
bukan dengan bantuan kamus elektronik seperti smartphone.
Rumusan Masalah
Berdasarkan paparan di atas, maka dirumuskan
masalah yang akan dibahas pada makalah ini dirinci sebagai berikut.
1.
Bagaimana
wujud metode schӧnes
papier an der Wand?
2.
Bagaimana hubungan
metode schӧnes papier an der Wand dengan keterampilan penguasaan
kosakata?
3.
Bagaimana
bentuk penerapan metode schӧnes
papier an der Wand untuk
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman?
T ujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan di
atas, maka ditentukan pula tujuan dari penulisan makalah ini, yaitu sebagai
berikut.
1.
Mendeskripsikan
wujud metode schӧnes papier an der Wand
2.
Mendeskripsikan
hubungan metode schӧnes papier an der Wand dengan ketrampilan penguasaan kosakata
3.
Mendeskripsikan
bentuk penerapa metode schӧnes papier an der Wand untuk meningkatkan pengusaan kosakata bahasa Jerman
PEMBAHASAN
Wujud metode schӧnes papier an der Wand
schӧnes papier an der Wand adalah metode pembelajaran yang digunakan untuk menghafal kosa kata dengan mudah, metode dengan cara yang unik ini peserta didik dapat melatih otak dan lebih menggunakan fikiran atau manual untuk belajar dan berkreasi sesuai keinginanya, yang dimaksudkan manual adalah peserta didik secara sengaja atau tidak sengaja akan hafal dengan kosa kata yang sudah di tulis di schӧnes papier an der Wand karena menurut ilmuwan jika kita melihat sesuatu itu dengan terus menerus maka otak bawah sadar kita akan lebih mudah mengingatnya dan berkreasi maksudnya adalah peserta didik dapat mengkreasikan ketrampilan untuk mempercantik papier an der Wand dengan cara gambar dan warna, Agar otak dapat berkembang secara optimal maka dibutuhkan stimulus yang baik. Diketahui ternyata otak manusia lebih menyukai segala sesuatu yang berbentuk gambar dan warna. Apabila seseorang terus mendapatkan stimulus yang dapat merangsang otak maka kecerdasan bisa meningkat dan lebih mudah mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar, warna ataupun yang ada didalamnya agar peserta didik juga lebih santai untuk belajar dan berkarya. Contohnya seperti peserta didik ingin menggunakan metode schӧnes papier an der Wand untuk menghafal kosa kata bahasa Jerman bertema “Kennen Lernen” dan “Zahlen” untuk tema “Kennen Lernen” peserta didik dapat menempelkan stiki note berwarna warni di dinding dengan bentuk rumah dan tema “Zahlen” dapat menempelkan stiki note warna warni di dinding dengan bentuk muka doraemon agar ingatan lebih peka dan lebih cepat menghafal kosa kata Bahasa Jerman dan memberi kesan ketertarikan melatih otak untuk lebih cepat membaca dan menghafalkanya. Dengan Kreasi sendiri atau ide sendiri dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam menerapkan metode schӧnes papier an der Wand dirumah. Kreativitas dan imaginasi sangatlah penting dalam proses pembelajaran bahasa. Kreatifitas dan imajinasi perlu dikembangkan. Jika kreatifitas dikembangkan dalam schӧnes papier an der Wand, maka akan menjadi suatu metode yang menyenangkan bagi peserta didik. Implikasinya pada diri peserta didik akan terbentuk pola pemikiran yang kreatif dan tidak tergantung pada orang lain.
Bagaimana hubungan metode schӧnes papier an der Wand dengan
keterampilan penguasaan kosakata?
Metode schӧnes papier an der Wand merupakan salah satu variasi penguasaan kosakata yang ditujukan kepada kemampuan yang menuntut untuk berfikir menggunakan otak kanan dan kiri dari peserta didik.. Metode ini muncul dari konsep bahwa peserta didik akan lebih mudah menghafalkan kosakata dengan memaksimalkan kedua belah otak. Konsep yang sulit jika peserta didik tidak mampu menguasai salah satu dari tuntutan metode schӧnes papier an der Wand. jadi metode ini lebih mengutamakan keterampilan dalam sistem penguasaan kosakata. Metode ini dapat meningkatkan ingatan siswa dalam pembelajaran, unggul dalam membantu siswa untuk menghafal kosakata bahasa Jerman dan menumbuhkan kreatifitas.
Bagaimana bentuk penerapan metode schӧnes papier an der Wand untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman?
Selain melatih otak untuk mengingat kosakata dengan
metode ini, schӧnes papier an der Wand juga dapat melatih ketrampilan untuk penguasaan kosakata.
Sudah dijelaskan bahwa cara untuk mewujudkan schӧnes
papier an der Wand adalah dengan
mengkreasikan membentuk gambar dan warna stiky
note berisi kosakata bahasa Jerman yang ditempelkan di dinding. untuk
menggunakan metode ini, peserta didik dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam
mewujudkan nya. Karena tanpa ketrampilan atau hanya dengan menempelkan stiky note yang berisi kosakata bahasa
Jerman, berarti peserta didik belum bisa dikatakan menggunakan metode schӧnes
papier an der Wand. sebenarnya dalam setiap aktivitas otak yang dilakukan
oleh manusia selalu melibatkan dua fungsi otak, yaitu belahan otak kiri dan
belahan otak kanan. Otak kiri untuk melakukan pemikiran, persepsi, sedangkan
otak kanan untuk memberikan gambaran secara visual. Jika seseorang hanya
mengaktifkan salah satu belahan otaknya dalam beberapa aktivitas, terjadi
ketidakseimbangan fungsi kerja otak pada manusia, maka peserta didik tersebut
akan mudah menghadapi kesulitan terutama kesulitan dalam menghafal hal kecil
tapi sangat penting seperti kosakata bahasa, terutama bahasa Jerman.
model ini adalah model yang cukup menyenangkan yang
digunakan untuk menghafal kosakata yang telah dicatat sebelumnya. Namun
demikian, untuk menemukan kosakata baru pun tetap diajarkan oleh pendidik,
peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih
dahulu, lalu peserta didik mencatat kosakata yang tidak dimengerti sehingga
ketika sampai rumah peserta didik sudah memiliki bekal pengetahuan, untuk
menggunakan metode schӧnes papier an der Wand . Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1.
Peserta didik mencatat kosakata yang tidak dimengerti
dari topik pengajaran yang telah diajarkan
2. Peserta didik menulis kosakata yang tidak dimengerti didalam stiky note
3.
Peserta didik mendesain gambar untuk menempelkan stiky note ke dinding
4.
Peserta didik menempelkan stiky note di dinding dengan desain yang telah dibuat
5.
Setelah metode schӧnes papier
an der Wand sudah dilakukan,
peserta didik dapat menghafalkan kosakata tersebut setiap hari
Contoh visualisasi metode schӧnes
papier an der Wand berbentuk
Barbel
PENUTUP
Simpulan
metode schӧnes papier an der Wand dipandang mempunyai porsi besar dan strategis dalam upaya mendongkrak
keberhasilan proses peserta didik untuk penghafalan kosakata dalam bahasa
Jerman. Karena ia bergerak dengan melihat kondisi kebutuhan peserta didik,
sehingga peserta didik diharapkan mampu menggunakan metode schӧnes papier an der Wand dengan baik dan
efektif agar penghafalan kosakata yang awalnya susah untuk dihafalkan menjadi
mudah dan kreatif. Oleh karena itu, diharapkan dengan schӧnes
papier an der Wand menjadi salah
satu metode yang mampu menjawab kebutuhan peserta didik dalam menghafalkan
kosakata bahasa Jerman.
Saran
Metode schӧnes papier an der Wand ini dirancang untuk memudahkan peserta didik dalam menghafalkan kosakata bahasa Jerman dengan mudah. Dengan metode ini, diharapkan pembelajaran bahasa Jerman lebih efektif dan lebih kreatif dalam mengembangkan schӧnes papier an der Wand dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik baik yang dilihat dari proses Maupun hasil akhir dalam pembelajaran. Karena kosakata pembelajaran bahasa Jerman sangat berperan penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu penulis berharap kepada pembaca atau pun pengguna metode schӧnes papier an der Wand ini agar bisa mengembangkan dan menyempurnakan sesuai dengan kondisi masing-masing di lapangan.
DAFTAR RUJUKAN
Keraf,Goris.2007.DIKSI DAN GAYA BAHASA.PT Gramedia Pustaka Utama:Jakarta
Kassel,Gesamthocschule.1994.Lesen als Verstehen.Druckhaus Langenscheidt:Berlin
Ross,Betsy.2010.BUKU SAKU LENGKAP
PERCAKAPAN SEHARI-HARI DALAM BAHASA JERMAN UNTUK PEMULA.TransMedia Pustaka
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/perbedaan-otak-kiri-dan-otak-kanan.html
https://saripedia.wordpress.com/tag/bagian-bagian-karya-ilmiah/
http://mohamadakil.blogspot.co.id/2010/05/mengoptimalkan-kerja-otak-kiri-dan-otak.html
http://munasyahidahxibahasa.blogspot.co.id/2012/10/kosa-kata-bahasa-jerman.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar