Senin, 12 Oktober 2020

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK DAN TINGKAT KESUKARAN BAHASA JERMAN

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK DAN TINGKAT KESUKARAN

 

SATUAN PENDIDIKAN      :  SMA WIDYAGAMA MALANG                                                              TAHUN PELAJARAN          :  2020 / 2021

MATA PELAJARAN            :  BAHASA JERMAN                                                                                   KELAS/PROGRAM              :  X/PILIHAN

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR  /  INDIKATOR

TAHAPAN BERPIKIR

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

ALOKASI WAKTU

KET

KD

INDIKATOR

 

 

 

 

MENDENGARKAN

1. Memahami  wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERBICARA

                              2.Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri

 

 

 

1.1   Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat

 

·   Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media (ucapan guru/tape)

·   Menyebutkan kata-kata yang didengar

·   Menyebutkan ujaran (kata/frasa) lafal dan intonasi yang dengan tepat

·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

·   Meniru ujaran   (kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat

·   Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar

·   Menyempurnakan ujaran(kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat

·   Melengkapi percakapan dengan menyebutkan ujaran, lafal dan intonasi yang tepat

·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

·   Menuliskan bentuk-bentuk kata kerja

·   Memperkenalkan orang-orang yang ada di foto

·   Menjawab surat perkenalan

·   Menuliskan menuliskan informasi yang diperoleh dari wacana

·   Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat

·   Menulis bentuk-bentuk kata kerja dari wacana

·   Menggambarkan rute perjalanan ke dalam peta

·   Menyebutkan angka-angka (Zahlen) 1 – 100

 

BERBICARA

2.1   Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

 

·   Menanyakan dan menjawab nomor telepon z.B. Wie ist deine Telefonnumer ? – Meine Telefonnummer ist 43657

·   Menyempurnakan tabel Das Datum

·   Menanyakan dan menjawab tanggal lahir z.B. Wann bist du geboren ? – Ich bin am 14.April 1989 geboren

·   Menanyakan dan menjawab hari dan tanggal z.B.  Sag mal, wann kommt Inge? – Am Montag, am vierten

·   Membuat variasi percakapan yang berisi kata tanya : wann, wo, wie lange dan wohin

·   Menanyakan langsung kepada yang bersangkutan tentang kebenaran keterangan yang ada z.B. Entschuldigung, Elke, bist du aus Deutschland?

C.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.1

 

 

C.1

 

C.1

C.2

 

C.1

C.2

 

C.3

C.3

 

C.3

 

C.2

C.3

C.3

C.2

C.1

 

C.3

C.1

C.3

C.2

 

 

 

 

 

 

 

C.3

 

C.3

C.3

 

C.3

 

Tema : IDENTITAS DIRI

Sub Tema :  Kennenlernen

-       Begrüßung

-       Sich und andere vorstellen

-       Lebenslauf / Formular

Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

17 minggu x 2 jam pel.  x 45’

 

2 JP

 

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

2 JP

 

 

 

2JP

 

2JP

 

 

2JP

 

2JP

 

2JP

 

 

MENDENGARKAN

5.   Memahami  wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERBICARA

 6.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah 

   

 

 

5.2   Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

 

 

·   Mencocokkan gambar  dengan ujaran yang didengar

·   Menanyakan dan menjawab nama benda di sekitar sekolah  : Was ist das? – Das ist

·   Menanyakan dan menjawab arti benda di sekitar sekolah dalam bahasa Jerman : Wie heißt das auf Deutsch? – Das heißt

·   Bermain tebak –tebakan dengan menerka isi kantong. Was ist das? –Das ist ein Kuli(unbestimmt) –Das ist der Kuli von Klaus(bestimmt)

·   Mencari bentuk  tunggal dari kata benda dan menuliskan kata-kata dalam kamus yang belum ada

·   Menyempurnakan kalimat dengan benda tertentunya :  Das ist ein Tempel. Der Tempel heißt Prambanan

 

BERBICARA

6.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar,  yang   mencerminkan kecakapan  berkomunikasi dengan   santun dan tepat

 

·         Menyebutkan sesuatu atau seseorang untuk pertama kali: unbestimmt Menerangkan sesuatu atau seseorang: bestimmt..

·         Membuat percakapan yang berisi kata sifat

·         Melengkapi kalimat dengan kata ganti er, es, atau sie dari seseorang atau suatu benda

·         Mencari jawaban yang cocok / mencocokkan jawaban dengan pertanyaan atau pernyataannya berdasarkan wawancara

·         Menyangkal dan membenarkan (Nominativ) :Nein, das ist keine Tafel, das ist ein Schwamm

·         Menyempurnakan kalimat dengan haben atau sein

·         Menanyakan pendapat : Wie findest du Deutsch ? Magst du Englisch?

·         Melengkapi tabel sesuai isi wacana tentang jadwal kegiatan Philipp

·         Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang tersedia sesuai isi surat Philipp

·         Menuliskan bentuk akkusativ dengan melengakapi tabel

·         Membicarakan guru-guru yang sedang mengunjungi bazar sekolah: Wer ist das? Das ist Herr Köhler. Er unterrichtet Mathe. Ich finde Herrn Köhler streng

·         Menggunakan kata tanya wen dalam konteks dialog. Du, ich sehe Herrn Maier nicht. – Wen? Herrn Maier? Oh, Herr Maier diskutiert gerade mit Klasse 10

·         Menanyakan dan menjawab guru mengajar mata pelajaran apa :    Was unterrichtet  Fr.?Hr. ... ?

·         Menanyakan dan menjawab guru yang mengajar mata pelajaran : wer gibt ,,, ? Wer unterrichtet ... ?

·         Menanyakan dan menjawab waktu belajar Wann hast du Deutsch ? – Ich habe am Montag

·         Menanyakan dan menjawab jam belajar secara formal dan informal : Wann hat Philipp am Dienstag Englisch? (8. 10) –formell : Um acht Uhr zehn,  -informell : Um zehn nach acht.

·         Menanyakan dan menjawab berapa lama waktu yang digunakan untuk belajar Wie lange dauert Englisch? – von acht Uhr zehn bis acht Uhr fünfundfünfzig

·         Membuat percakapan tentang selisih waktu beberapa kota di dunia

·         Membedakan Uhr dengan  Stunde

·         Menuliskan jadwal pelajaran pada hari tertentu

·         Membuat slogan z.B. Lieber Sport als Mathe

 

 

C.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.3

 

 

 

 

 

 

 

C.2

C.3

 

C.3

 

 

C.3

 

 

C.2

 

C.2

 

 

 

C.2

 

 

 

C.2

 

 

C.3

C.2

 

C.2

 

 

C.3

 

C.2

C.3

 

C.3

 

C.3

 

C.2

C.3

 

C.3

 

 

 

C.3

 

C.3

 

C.3

 

C.3

 

 

 

C.3

 

 

C.3

 

C.2

C.2

C.2

 

Tema : KEHIDUPAN SEKOLAH

Sub Tema   :     Schule

-       Der Stundenplan

-       Gegenstände in der Schule und Schulsachen

-       Lehrer

-       Schulaktivität

 

 

Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

 

16 minggu  x  2 jam pel. x 45

 

 

 

2 JP

2 JP

 

2 JP

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

2 JP

 

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK DAN TINGKAT KESUKARAN

 

SATUAN PENDIDIKAN      :  SMA WIDYAGAMA MALANG                                                              TAHUN PELAJARAN         :            2020 /  2021

MATA PELAJARAN            :  BAHASA JERMAN                                                                                   KELAS/PROGRAM             :            XII/PILIHAN

 

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR  /  INDIKATOR

TAHAPAN BERPIKIR

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

ALOKASI WAKTU

KET

KD

INDIKATOR

Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi

 

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi

 

 

 

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.1.  Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat

1.2.  Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

 

2.1   Menyampaikan informasi secara lisan  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

2.2   Melakukan dialog  sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

 

3.1   Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.2   Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

3.3   Membaca kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

 

4.1   Menulis kata, frasa, dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.2   Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa  dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat

·   Menentukan bentuk wacana lisan Alltag in der Kleinstadt Ein Tag von Frau Klinge

·   Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan. Welcher Satz gehört zu Welchem Bild? (Kalimat mana yang sesuai untuk masing – masing gambar?)

·   Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan Kreuze die richtige Antwort an! (Beri tanda silang pada pernyataan yang benar berdasarkan informasi dalam  wacana)

·   Menentukan informasi rinci dari wacana lisan Was erfährst du über Frau Klinge? (Apa yang kamu ketahui tentang Frau Klinge?)

·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu/rinci dari wacana lisan

·   Mencocokkan tulisan dengan gambar / bagan / denah dsb

·   Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·   Menggaris bawahi dalam text preposisi dan kata-kat yang mengikutinya.

·   Memeriksa jenis kata bendanya dan memasukkan ke dalam tabel menurut jenisnya.

·   Menceritakan kehidupan sehari-hari Frau Klinge seperti contoh

·   Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·   Menggaris bawahi dalam text preposisi dan kata-kat yang mengikutinya.

·   Memeriksa jenis kata bendanya dan memasukkan ke dalam tabel menurut jenisnya.

·   Membuat variasi percakapan.

·   Mencermati preposisi yang digunakan untuk kemana, dimana dan darimana

·   Menceritakan apa yang dikerjakan oleh teman-teman Felix pada akhir pekan

·   Menyempurnakan percakapan dengan frasa atau kalimat yang tersedia

·   Menghubungkan kalimat di bagian A dengan kalimat yang cocok di bagian B

·   Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat tentang tingkat-tingkat perbandingan kata sifat.

·   Mencantumkan kata sifat ke dalam tabel menurut kelompoknya

 

 

 

C.1

 

 

C.2

 

 

 

 

C.3

 

 

C.3

 

 

 

 

C.1

 

C.2

 

 

C.2

 

 

 

 

C.2

 

 

C.3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.1

 

C.1

 

 

C.2

 

 

 

C.2

 

 

C.2

 

C.2

 

C.1

C.1

 

C.2

 

C.3

 

C.1

C.1

 

C.3

 

C.3

C.3

 

C.3

 

C.2

 

C.2

 

C.1

 

C.2

 

 

Tema : KEGEMARAN/HOBI

 

Sub Tema        :

  1. Freizeitbeschäftigung
  2. Hobby

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

 

 

17 minggu x 2 jam pel.  x 45’

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

Mendengarkan

5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana

tentang Wisata

 

Berbicara

6.  Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata

 

Membaca

7.  Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata

 

 

 

Menulis

8.  Mengungkapkan  informasi secara tertulis dalam  bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata

 

 

5.1   Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat

5.2   Memperoleh Informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat

 

6.1   Menyampaikan informasi secara lisan  dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

6.2   Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

 

7.1   Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat

7.2   Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

7.3   Membaca kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

 

8.1   Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

8.2   Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

 

·   Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media (ucapan guru/tape)

·   Menyebutkan kata-kata yang didengar

·   Menyebutkan ujaran (kata/frasa) lafal dan intonasi yang dengan tepat

·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

·   Meniru ujaran   (kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat

·   Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar

·   Menyempurnakan ujaran(kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat

·   Melengkapi percakapan dengan menyebutkan ujaran, lafal dan intonasi yang tepat

·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

·   Memasangkan kalimat secara tepat berdasarkan teks lisan tentang kota tujuan wisata.

·   Melengkapi kalimat berdasarkan teks lisan tentang kota tujuan wisata.

·   Menetukan jenis kata benda (maskulin, neutral, feminin atau Plural dan memasukkan ke dalam tabel sesuai dengan jenisnya

·   Melengkapi kalimat dengan preposisi akkusativ.

·   Mencari dalam teks kalimat dengan ’daß’ dan menuliskan ke dalam tabel.

·   Membuat variasi percakapan dengan menggunakan preposisi akkusativ dan ’daß’.

·   Membuat kalimat lengkap dengan frasa/kalimat yang tersedia.

·   Membuat dialog singkat berdasarkan informasi Pemandu Wisata yang dibaca oleh Achmad Zuharyadi.

·   Memasangkan secara tepat dimana mereka menghabiskan masa liburan.

·   Menyempurnakan kalimat dengan kata kerja yang tersedia berdasarkan wacana

 

 

C.1

 

 

 

C.2

 

 

 

 

C.3

 

 

C.3

 

 

 

 

C.1

 

C.2

 

C.2

 

 

 

 

C.2

 

C.3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.1

 

C.1

C.1

 

C.2

C.1

 

C.2

C.2

 

C.2

 

C.2

C.2

 

C.2

 

C.2

 

C.2

C.2

 

C.3

 

C.3

 

C.3

 

C.2

 

C.2

 

Tema : WISATA

 

Sub Tema  :    

a.       Reisen

b.       Ferien , Urlaub und Ausflug

Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis

 

10 minggu x 2 jam pel.  x 45’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

 

 

2 JP

 

 

2 JP

 

2 JP

 

 

 

2 JP

 

2 JP

 

 

2 JP

 

2 JP

 

 

2 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar