PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK DAN TINGKAT
KESUKARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA WIDYAGAMA MALANG TAHUN PELAJARAN :
2020 / 2021
MATA PELAJARAN :
BAHASA JERMAN KELAS/PROGRAM :
X/PILIHAN
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR |
TAHAPAN BERPIKIR |
MATERI POKOK |
RUANG LINGKUP |
ALOKASI WAKTU |
KET |
|
KD |
INDIKATOR |
|
|
|
|
||
MENDENGARKAN 1. Memahami
wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri BERBICARA 2.Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri |
1.1 Mengidentifikasi bunyi,
ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,
menjodohkan dan membedakan secara
tepat ·
Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
(ucapan guru/tape) ·
Menyebutkan kata-kata yang didengar ·
Menyebutkan ujaran (kata/frasa) lafal dan intonasi yang
dengan tepat ·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks ·
Meniru ujaran
(kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat ·
Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar ·
Menyempurnakan ujaran(kata/frasa) dengan lafal dan
intonasi yang tepat ·
Melengkapi percakapan dengan menyebutkan ujaran, lafal
dan intonasi yang tepat ·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks ·
Menuliskan bentuk-bentuk kata kerja ·
Memperkenalkan orang-orang yang ada di foto ·
Menjawab surat perkenalan ·
Menuliskan menuliskan informasi yang diperoleh dari wacana ·
Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat ·
Menulis bentuk-bentuk kata kerja dari wacana ·
Menggambarkan rute perjalanan ke dalam peta ·
Menyebutkan angka-angka (Zahlen) 1 – 100 BERBICARA 2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam
kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang
santun dan tepat ·
Menanyakan dan menjawab nomor telepon z.B. Wie ist deine Telefonnumer ? – Meine Telefonnummer
ist 43657 ·
Menyempurnakan tabel Das Datum ·
Menanyakan dan menjawab tanggal lahir z.B. Wann bist du geboren ? – Ich bin am 14.April 1989
geboren ·
Menanyakan dan menjawab hari dan tanggal z.B. Sag mal,
wann kommt Inge? – Am Montag, am vierten ·
Membuat variasi percakapan yang berisi kata tanya : wann, wo, wie lange dan wohin ·
Menanyakan langsung kepada yang bersangkutan tentang
kebenaran keterangan yang ada z.B. Entschuldigung,
Elke, bist du aus Deutschland? |
C.1 C.2 |
C.1 C.1 C.1 C.2 C.1 C.2 C.3 C.3 C.3 C.2 C.3 C.3 C.2 C.1 C.3 C.1 C.3 C.2 C.3 C.3 C.3 C.3 |
Tema : IDENTITAS DIRI Sub Tema : Kennenlernen - Begrüßung - Sich und andere vorstellen - Lebenslauf / Formular |
Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana
lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan
berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. |
17 minggu x 2 jam pel. x 45’ 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2JP 2JP 2JP 2JP 2JP |
|
MENDENGARKAN 5. Memahami
wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan
sekolah BERBICARA 6.
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog
sederhana tentang kehidupan sekolah |
5.2 Memperoleh informasi
umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat · Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar · Menanyakan dan menjawab
nama benda di sekitar sekolah : Was ist das? – Das ist · Menanyakan dan menjawab
arti benda di sekitar sekolah dalam bahasa Jerman : Wie heißt das auf Deutsch? – Das heißt · Bermain tebak –tebakan
dengan menerka isi kantong. Was ist das? –Das ist
ein Kuli(unbestimmt) –Das ist der Kuli von Klaus(bestimmt) · Mencari bentuk tunggal dari kata benda dan menuliskan
kata-kata dalam kamus yang belum ada · Menyempurnakan kalimat
dengan benda tertentunya : Das ist ein Tempel. Der Tempel heißt
Prambanan BERBICARA 6.2 Melakukan dialog
sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun
dan tepat ·
Menyebutkan sesuatu atau seseorang untuk pertama kali: unbestimmt Menerangkan sesuatu atau
seseorang: bestimmt.. ·
Membuat percakapan yang berisi kata sifat ·
Melengkapi kalimat dengan kata ganti er, es, atau sie dari seseorang atau suatu benda ·
Mencari jawaban yang cocok / mencocokkan jawaban dengan
pertanyaan atau pernyataannya berdasarkan wawancara ·
Menyangkal dan membenarkan (Nominativ) :Nein, das ist keine Tafel, das ist ein
Schwamm ·
Menyempurnakan kalimat dengan haben atau sein ·
Menanyakan pendapat : Wie findest du Deutsch ? Magst du Englisch? ·
Melengkapi tabel sesuai isi wacana tentang jadwal
kegiatan Philipp ·
Membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang
tersedia sesuai isi surat Philipp ·
Menuliskan bentuk akkusativ dengan melengakapi tabel ·
Membicarakan guru-guru yang sedang mengunjungi bazar
sekolah: Wer ist das? Das ist Herr
Köhler. Er unterrichtet Mathe. Ich finde Herrn Köhler streng ·
Menggunakan kata tanya wen dalam konteks
dialog. Du, ich sehe Herrn Maier nicht. – Wen? Herrn Maier? Oh,
Herr Maier diskutiert gerade mit Klasse 10 ·
Menanyakan dan menjawab guru mengajar mata pelajaran
apa : Was unterrichtet Fr.?Hr. ... ? ·
Menanyakan dan menjawab guru yang mengajar mata
pelajaran : wer gibt ,,, ? Wer unterrichtet ... ? ·
Menanyakan dan menjawab waktu belajar Wann hast du Deutsch ? – Ich habe am Montag ·
Menanyakan dan menjawab jam belajar secara formal dan
informal : Wann hat Philipp am Dienstag
Englisch? (8. 10) –formell : Um acht Uhr zehn, -informell : Um zehn nach acht. ·
Menanyakan dan menjawab berapa lama waktu yang
digunakan untuk belajar Wie lange
dauert Englisch? – von acht Uhr zehn bis acht Uhr fünfundfünfzig ·
Membuat percakapan tentang selisih waktu beberapa kota
di dunia ·
Membedakan Uhr
dengan Stunde ·
Menuliskan jadwal pelajaran pada hari tertentu ·
Membuat slogan z.B.
Lieber Sport als Mathe |
C.1 C.3 |
C.2 C.3 C.3 C.3 C.2 C.2 C.2 C.2 C.3 C.2 C.2 C.3 C.2 C.3 C.3 C.3 C.2 C.3 C.3 C.3 C.3 C.3 C.3 C.3 C.3 C.2 C.2 C.2 |
Tema : KEHIDUPAN SEKOLAH Sub Tema : Schule - Der Stundenplan - Gegenstände in der
Schule und Schulsachen - Lehrer - Schulaktivität |
Mata
Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. |
16 minggu x 2 jam pel. x 45 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, MATERI POKOK DAN TINGKAT
KESUKARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA WIDYAGAMA MALANG TAHUN PELAJARAN :
2020 / 2021
MATA PELAJARAN :
BAHASA JERMAN KELAS/PROGRAM : XII/PILIHAN
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR |
TAHAPAN BERPIKIR |
MATERI POKOK |
RUANG LINGKUP |
ALOKASI WAKTU |
KET |
|
KD |
INDIKATOR |
||||||
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog
sederhana tentang Hobi Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang Hobi Menulis
4. Mengungkapkan
informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi |
1.1. Mengidentifikasi bunyi,
ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,
menjodohkan dan membedakan secara
tepat 1.2. Memperoleh Informasi umum,
informasi tertentu dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara
tepat 2.1 Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan
berbahasa yang santun dan tepat 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan
kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat 3.1 Mengidentifikasi bentuk
dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca kata, frasa dan
atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat 4.1 Menulis kata, frasa,
dan kalimat dengan huruf, ejaan dan
tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi
secara tertulis dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,
frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca
dan struktur yang tepat ·
Menentukan bentuk wacana lisan Alltag in der Kleinstadt
Ein Tag von Frau Klinge ·
Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
Welcher Satz gehört zu Welchem Bild? (Kalimat mana yang sesuai untuk masing –
masing gambar?) ·
Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan
Kreuze die richtige Antwort an! (Beri tanda silang pada pernyataan yang benar
berdasarkan informasi dalam wacana) ·
Menentukan informasi rinci dari wacana lisan Was erfährst
du über Frau Klinge? (Apa yang kamu ketahui tentang Frau Klinge?) ·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu/rinci
dari wacana lisan ·
Mencocokkan tulisan dengan gambar / bagan / denah dsb ·
Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat. ·
Menggaris bawahi dalam text preposisi dan kata-kat yang
mengikutinya. ·
Memeriksa jenis kata bendanya dan memasukkan ke dalam
tabel menurut jenisnya. ·
Menceritakan kehidupan sehari-hari Frau Klinge seperti
contoh ·
Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat. ·
Menggaris bawahi dalam text preposisi dan kata-kat yang
mengikutinya. ·
Memeriksa jenis kata bendanya dan memasukkan ke dalam
tabel menurut jenisnya. ·
Membuat variasi percakapan. ·
Mencermati preposisi yang digunakan untuk kemana,
dimana dan darimana ·
Menceritakan apa yang dikerjakan oleh teman-teman Felix
pada akhir pekan ·
Menyempurnakan percakapan dengan frasa atau kalimat
yang tersedia ·
Menghubungkan kalimat di bagian A dengan kalimat yang
cocok di bagian B ·
Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat
tentang tingkat-tingkat perbandingan kata sifat. ·
Mencantumkan kata sifat ke dalam tabel menurut
kelompoknya |
C.1 C.2 C.3 C.3 C.1 C.2 C.2 C.2 C.3 |
C.1 C.1 C.2 C.2 C.2 C.2 C.1 C.1 C.2 C.3 C.1 C.1 C.3 C.3 C.3 C.3 C.2 C.2 C.1 C.2 |
Tema : KEGEMARAN/HOBI Sub Tema :
|
Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana
lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan
berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. |
17 minggu x 2 jam pel. x 45’ 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
|
Mendengarkan 5.
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata Berbicara 6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata Membaca 7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog sederhana tentang Wisata Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Wisata
|
5.1 Mengidentifikasi bunyi,
ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan,
menjodohkan dan membedakan secara tepat 5.2 Memperoleh Informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari berbagai
bentuk wacana lisan sederhana secara tepat 6.1 Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan
berbahasa yang santun dan tepat 6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi
dengan santun dan tepat 7.1 Mengidentifikasi bentuk
dan tema wacana sederhana, secara tepat 7.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana 7.3 Membaca kata, frasa dan
atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat 8.1 Menulis kata, frasa,dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat 8.2 Mengungkapkan informasi
secara tertulis dalam kalimat
sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda
baca dan struktur yang tepat ·
Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
(ucapan guru/tape) ·
Menyebutkan kata-kata yang didengar ·
Menyebutkan ujaran (kata/frasa) lafal dan intonasi yang
dengan tepat ·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks ·
Meniru ujaran
(kata/frasa) dengan lafal dan intonasi yang tepat ·
Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar ·
Menyempurnakan ujaran(kata/frasa) dengan lafal dan
intonasi yang tepat ·
Melengkapi percakapan dengan menyebutkan ujaran, lafal
dan intonasi yang tepat ·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks ·
Memasangkan kalimat secara tepat berdasarkan teks lisan
tentang kota tujuan wisata. ·
Melengkapi kalimat berdasarkan teks lisan tentang kota
tujuan wisata. ·
Menetukan jenis kata benda (maskulin, neutral, feminin
atau Plural dan memasukkan ke dalam tabel sesuai dengan jenisnya ·
Melengkapi kalimat dengan preposisi akkusativ. ·
Mencari dalam teks kalimat dengan ’daß’ dan menuliskan
ke dalam tabel. ·
Membuat variasi percakapan dengan menggunakan preposisi
akkusativ dan ’daß’. ·
Membuat kalimat lengkap dengan frasa/kalimat yang
tersedia. ·
Membuat dialog singkat berdasarkan informasi Pemandu
Wisata yang dibaca oleh Achmad Zuharyadi. ·
Memasangkan secara tepat dimana mereka menghabiskan
masa liburan. ·
Menyempurnakan kalimat dengan kata kerja yang tersedia
berdasarkan wacana |
C.1 C.2 C.3 C.3 C.1 C.2 C.2 C.2 C.3 |
C.1 C.1 C.1 C.2 C.1 C.2 C.2 C.2 C.2 C.2 C.2 C.2 C.2 C.2 C.3 C.3 C.3 C.2 C.2 |
Tema : WISATA Sub Tema : a.
Reisen b.
Ferien , Urlaub und Ausflug |
Mata Pelajaran Bahasa Jerman terdiri atas bahan yang berupa wacana
lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan
berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis |
10 minggu x 2 jam pel. x 45’ 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP 2 JP |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar