Jumat, 09 Oktober 2020

KKO dalam menentukan Indikator RPP

 

3.       Mekanisme Pengembangan Indikator

Pengembangan indikator harus mengakomodasi kompetensi   yang tercantum dalam KD. Indikator dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan menggunakan kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi. Kata kerja operasional pada indikator pencapaian kompetensi aspek pengetahuan dapat mengacu pada ranah kognitif   taksonomi Bloom,   aspek sikap dapat mengacu pada ranah afektif   taksonomi Bloom, aspek keterampilan  dapat mengacu pada ranah psikomotor taksonomi Bloom  seperti pada tabel1.5 berikut.

Tabel 1.5 Kata Kerja operasional Ranah Kognitif

Pengetahuan

Pemahaman

Penerapan

Analisis

Sintesis

Penilaian

Mengutip

Menyebutkan

Menjelaskan

Menggambar

Membilang

Mengidentifikasi

Mendaftar

Menunjukkan

Memberi label

Memberi indeks

Memasangkan

Menamai

Menandai

Membaca

Menyadari

Menghafal

Meniru

Mencatat

Mengulang

Mereproduksi

Meninjau

Memilih

Menyatakan

Mempelajari

Mentabulasi

Memberi kode

Menelusuri

Menulis

Memperkirakan

Menjelaskan

Mengkategorikan

Mencirikan

Merinci

Mengasosiasikan

Membandingkan

Menghitung

Mengkontraskan

Mengubah

Mempertahankan

Menguraikan

Menjalin

Membedakan

Mendiskusikan

Menggali

Mencontohkan

Menerangkan

Mengemukakan

Mempolakan

Memperluas

Menyimpulkan

Meramalkan

Merangkum

Menjabarkan

 

Menugaskan

Mengurutkan

Menentukan

Menerapkan

Menyesuaikan

Mengkalkulasi

Memodifikasi

Mengklasifikasi

Menghitung

Membangun

Membiasakan

Mencegah

Menentukan

Menggambarkan

Menggunakan

Menilai

Melatih

Menggali

Mengemukakan

Mengadaptasi

Menyelidiki

Mengoperasikan

Mempersoalkan

Mengkonsepkan

Melaksanakan

Meramalkan

Memproduksi

Memproses

Mengaitkan

Menyusun

Mensimulasikan

Memecahkan

Melakukan

Mentabulasi

Memproses

Meramalkan

Menganalisis

Mengaudit

Memecahkan

Menegaskan

Mendeteksi

Mendiagnosis

Menyeleksi

Merinci

Menominasikan

Mendiagramkan

Megkorelasikan

Merasionalkan

Menguji

Mencerahkan

Menjelajah

Membagankan

Menyimpulkan

Menemukan

Menelaah

Memaksimalkan

Memerintahkan

Mengedit

Mengaitkan

Memilih

Mengukur

Melatih

Mentransfer

Mengabstraksi

Mengatur

Menganimasi

Mengumpulkan

Mengkategorikan

Mengkode

Mengombinasikan

Menyusun

Mengarang

Membangun

Menanggulangi

Menghubungkan

Menciptakan

Mengkreasikan

Mengoreksi

Merancang

Merencanakan

Mendikte

Meningkatkan

Memperjelas

Memfasilitasi

Membentuk

Merumuskan

Menggeneralisasi

Menggabungkan

Memadukan

Membatas

Mereparasi

Menampilkan

Menyiapkan Memproduksi

Merangkum

Merekonstruksi

 

Membandingkan

Menyimpulkan

Menilai

Mengarahkan

Mengkritik

Menimbang

Memutuskan

Memisahkan

Memprediksi

Memperjelas

Menugaskan

Menafsirkan

Mempertahankan

Memerinci

Mengukur

Merangkum

Membuktikan

Memvalidasi

Mengetes

Mendukung

Memilih

Memproyeksikan

 

 

 

 

Tabel 1.6 Kata Kerja operasional Ranah Afektif

Menerima

Menanggapi

Menilai

Mengelola

Menghayati

Memilih

Mempertanyakan

Mengikuti

Memberi

Menganut

Mematuhi

Meminati

 

Menjawab

Membantu

Mengajukan

Mengompromikan

Menyenangi

Menyambut

Mendukung

Menyetujui

Menampilkan

Melaporkan

Memilih

Mengatakan

Memilah

Menolak

Mengasumsikan

Meyakini

Melengkapi

Meyakinkan

Memperjelas

Memprakarsai

Mengimani

Mengundang

Menggabungkan

Mengusulkan

Menekankan

Menyumbang

Menganut

Mengubah

Menata

Mengklasifikasikan

Mengombinasikan

Mempertahankan

Membangun

Membentuk pendapat

Memadukan

Mengelola

Menegosiasi

Merembuk

Mengubah perilaku

Berakhlak mulia

Mempengaruhi

Mendengarkan

Mengkualifikasi

Melayani

Menunjukkan

Membuktikan

Memecahkan

 

Tabel 1.7 Kata Kerja operasional Ranah Psikomotorik

Menirukan

Memanipulasi

Pengalamiahan

Artikulasi

Mengaktifkan

Menyesuaikan

Menggabungkan

Melamar

Mengatur

Mengumpulkan

Menimbang

Memperkecil

Membangun

Mengubah

Membersihkan

Memposisikan

Mengonstruksi

Mengoreksi

Mendemonstrasikan

Merancang

Memilah

Melatih

Memperbaiki

Mengidentifikasikan

Mengisi

Menempatkan

Membuat

Memanipulasi

Mereparasi

Mencampur

Mengalihkan

Menggantikan

Memutar

Mengirim

Memindahkan

Mendorong

Menarik

Memproduksi

Mencampur

Mengoperasikan

Mengemas

Membungkus

 

Mengalihkan

Mempertajam

Membentuk

Memadankan

Menggunakan

Memulai

Menyetir

Menjeniskan

Menempel

Menseketsa

Melonggarkan

Menimbang

 

 

Tabel 1.5 sd 1.7 adalah kata kerja operasional Taksonomi Bloom lama. Dalam pembelajaran sekarang sudah diperkenalkan Taksonomi Bloom revisi,  contoh kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam menuliskan indikator tertera  pada tabel berikut. Untuk mempelajari lebih lanjut, silahkan baca di referensi terkini dari buku atau internet.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 1.8 Kata Kerja operasional Ranah Kognitif

 

Mengingat

Memahami

Menerapkan

Menganalisis

Mengevaluasi

Mengkreasi

mengenali

mengingat -kembali

membaca

menyebutkan

mengurutkan

menjelaskan mengidentifi-kasi

menamai menempatkan

mengulangi  menuliskan

menafsirkan

meringkas

mengklasifi-kasikan membanding-kan

menjelaskan menjabarkan

menghubug-kan

mengenera-lisasi

Melaksanakan

Menggunakan

menjalankan melakukan

mempraktekan

memilih menyusun

memulai

menyelesaikan

mendeteksi

mentabulasi

menghitung

 

menguraikan

membandingkan mengorganisir menyusun ulang

mengubah- struktur

mengkerangka-kan

 menyusun- outline mengintegrasikan membedakan menyamakan

memutuskan memiih

mengkritik

 menilai

menguji membenarkan

menyalahkan

merekomenda-sikan

merancang membangun merencana-kan memproduksi

menemukan

membaharui

menyempurnakan

memperkuat

memperindah menggubah

mengkons-truksi

 

Tabel 1.9 Kata Kerja operasional Ranah Afektif

 

Menerima

Merespon

Menghargai

Mengorganisasikan

Karakterisasi berdasarkan nilai nilai

mengikuti

menganut

mematuhi

meminati

 

mengompromikan

menyenangi

menyambut

mendukung

menyetujui

menampilkan

melaporkan

memilih

mengatakan

memilah

mengasumsikan

meyakini

meyakinkan

memperjelas

memprakarsai

mengimani

menekankan

menyumbang

mengubah

menata

mengklasifikasikan

mengombinasikan

mempertahankan

membangun

membentuk pendapat

memadukan

mengelola

menegosiasi

membiasakan

mengubah perilaku

berakhlak mulia

mempengaruhi

mengkualifikasi

melayani

membuktikan

memecahkan

 

Tabel 1.10 Kata Kerja operasional Ranah Psikomotor

 

Meniru

Manipulasi

Presisi

Artikulasi

Naturalisasi

menyalin

mengikuti

mereplikasi

mengulangi

mematuhi

kembali membuat

membangun

melakukanmelaksanakan menerapkan

 

menunjukkan

melengkapi menunjukkan menyempurnakan mengkalibrasi mengendalikan

membangun

mengatasi menggabungkan koordinat

mengadaptasi

mengintegrasikan mengembangkan merumuskan, memodifikasi

mendesain

menentukan

mengelola

menciptakan

 

 

Perumusan indikator pada Kurikulum 2013,  Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar