3.
Mekanisme Pengembangan Indikator
Pengembangan
indikator harus mengakomodasi kompetensi
yang tercantum dalam KD. Indikator dirumuskan dalam bentuk kalimat
dengan menggunakan kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya
mencakup dua hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media
pencapaian kompetensi. Kata kerja operasional pada indikator pencapaian
kompetensi aspek pengetahuan dapat mengacu pada ranah kognitif taksonomi Bloom, aspek sikap dapat mengacu pada ranah afektif
taksonomi Bloom, aspek
keterampilan dapat mengacu pada ranah
psikomotor taksonomi Bloom seperti pada
tabel1.5 berikut.
Tabel 1.5 Kata Kerja operasional Ranah
Kognitif
Pengetahuan |
Pemahaman |
Penerapan |
Analisis |
Sintesis |
Penilaian |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis |
Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan |
Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifikasi Menghitung Membangun Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Memproses Meramalkan |
Menganalisis Mengaudit Memecahkan Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Merinci Menominasikan Mendiagramkan Megkorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih Mentransfer |
Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkategorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan
Memproduksi Merangkum Merekonstruksi |
Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan |
Tabel 1.6 Kata
Kerja operasional Ranah Afektif
Menerima |
Menanggapi |
Menilai |
Mengelola |
Menghayati |
Memilih Mempertanyakan Mengikuti Memberi Menganut Mematuhi Meminati |
Menjawab Membantu Mengajukan Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak |
Mengasumsikan Meyakini Melengkapi Meyakinkan Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang |
Menganut Mengubah Menata Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk
pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk |
Mengubah
perilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan |
Tabel 1.7 Kata
Kerja operasional Ranah Psikomotorik
Menirukan |
Memanipulasi |
Pengalamiahan |
Artikulasi |
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi |
Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur |
Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus |
Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Menseketsa Melonggarkan Menimbang |
Tabel
1.5 sd 1.7 adalah kata kerja operasional Taksonomi Bloom lama. Dalam
pembelajaran sekarang sudah diperkenalkan Taksonomi Bloom revisi, contoh kata kerja operasional yang dapat
digunakan dalam menuliskan indikator tertera
pada tabel berikut. Untuk mempelajari lebih lanjut, silahkan baca di referensi terkini dari buku atau internet.
Tabel
1.8 Kata Kerja operasional Ranah Kognitif
Mengingat |
Memahami |
Menerapkan |
Menganalisis |
Mengevaluasi |
Mengkreasi |
mengenali mengingat
-kembali membaca menyebutkan mengurutkan menjelaskan mengidentifi-kasi menamai menempatkan mengulangi menuliskan |
menafsirkan meringkas mengklasifi-kasikan membanding-kan menjelaskan menjabarkan menghubug-kan mengenera-lisasi |
Melaksanakan Menggunakan menjalankan melakukan mempraktekan memilih menyusun memulai menyelesaikan mendeteksi mentabulasi menghitung |
menguraikan membandingkan
mengorganisir menyusun ulang mengubah-
struktur mengkerangka-kan menyusun- outline mengintegrasikan
membedakan menyamakan |
memutuskan memiih mengkritik
menilai menguji
membenarkan menyalahkan merekomenda-sikan |
merancang membangun
merencana-kan memproduksi menemukan membaharui menyempurnakan memperkuat memperindah
menggubah mengkons-truksi |
Tabel
1.9 Kata Kerja operasional Ranah Afektif
Menerima |
Merespon |
Menghargai |
Mengorganisasikan |
Karakterisasi berdasarkan nilai nilai |
mengikuti menganut mematuhi meminati |
mengompromikan menyenangi menyambut mendukung menyetujui menampilkan melaporkan memilih mengatakan memilah |
mengasumsikan meyakini meyakinkan memperjelas memprakarsai mengimani menekankan menyumbang |
mengubah menata mengklasifikasikan mengombinasikan mempertahankan membangun membentuk
pendapat memadukan mengelola menegosiasi |
membiasakan mengubah perilaku berakhlak mulia mempengaruhi mengkualifikasi melayani membuktikan memecahkan |
Tabel
1.10 Kata Kerja operasional Ranah Psikomotor
Meniru
|
Manipulasi |
Presisi |
Artikulasi |
Naturalisasi |
menyalin
mengikuti mereplikasi mengulangi mematuhi |
kembali
membuat membangun melakukanmelaksanakan
menerapkan |
menunjukkan
melengkapi
menunjukkan menyempurnakan mengkalibrasi mengendalikan |
membangun mengatasi
menggabungkan koordinat mengadaptasi mengintegrasikan
mengembangkan merumuskan, memodifikasi |
mendesain menentukan mengelola menciptakan |
Perumusan
indikator pada Kurikulum 2013, Indikator
untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku
umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak
pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari
KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan
terukur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar