DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
PROGRAM S1 PENDIDIKAN BAHASA JERMAN
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Matakuliah
: TELAAH PRANATA MASYARAKAT JERMAN Pelaksanaan: Sesuai dengan jadwal
Kode Mk : Sifat Ujian : Open book
Dosen Pembina : Dudy Syafruddin Waktu : 90 menit
Email : dudysyafruddin@gmail.com Nama : Lika chusnul aissyah
PETUNJUK : Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas..
1.
Republik
Federal Jerman (RFJ) terdiri atas 16 negara bagian. Sebutkan 4 dari 16 negara bagian tersebut beserta dengan kekhasannya,
baik dari sisi alam maupun budayanya.
2.
Isi
bagan di bawah ini
dan deskripsikan sistem pendidikan
di RFJ mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi
Kindergarten (1-2) Grundschule Gymnasium Gesamschule Realschule Hauptschule Abitur Aus Bildung Gymnasium berufschule Universitat Fachoberschulreife Realschulabschluss
3. Bandingkan sistem pendidikan Jrman tersebut
dengan sistem pendidikan di Indonesia.
4. Kajian kebudayaan Jerman berkaitan dengan seluruh
aspek kehidupan masyarakat Jerman.
Jelaskan salah satu aspek kebudayaan yang paling menarik bagi Anda bila
dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia.
5. Apa yang saudara ketahui tentang Uni Eropa?
Semoga Sukses/vie Erfolg!
Antwort!
1.
a. Mecklenburg-Vorpommern
Mecklenburg-Vorpommern negara bagian yang
terletak di timur laut Negara Jerman. memiliki
luas wilayah sebesar 23.180.14 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 1.642.237 jiwa.
Beribukota yang bernama Schwerin, yang dipimpin
oleh Perdana Menteri Harald Ringstorff. Mecklenburg-Vorpommern
mempunyai 18 Distrik yang terbagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota madya (
Schwerin, Griefswald, Rostock, Starlsund, Wismar ) Sumber pendapatan utama di
kota Mecklenburg-Vorpommern
adalah sektor wisatanya da hutan luas, perbukitan, rawa-rawa dan sungai
panjang seakan tak berujung, juga banyak sekali danau
yang terkenal hingga kota ini disebut dengan Negeri Seribu Danau yang mempunyai
danau lebih dari 2000 dan 200 tempat wisata rostock. Orang-orang di kota ini juga sangat peduli dengan keadaan alam di sekitarnya seperti Cagar Alam
yang sangat dijaga baik disana, disana adalah kota kecil dengan berjuta
keindahanya. Banyak warga yang berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari
pekerjaan, tapi yang saya tahu bahwa pemuda-pemuda yang ada di kota Mecklenburg-Vorpommern malah menegambangkan
bakatnya di kota kecil mereka itu. kota Mecklenburg-Vorpommern mempunyai festival setiap tahunnya yang bernama Festspiele
mecklemburg-Vorpommern.
Makanan khas dari kota Mecklenburg-Vorpommern yaitu
1.
Rote grutze ( sup
buah )
2.
Sauerflrisch (sup
daging )
3.
Helgolander krabben salat
4.
Bulletten (bakso
daging )
5.
Soeier (
telur acar )
b. Niedersachsen
Niedersachsen adalah
salah satu negara bagian Jerman yang terletak di bagian utara Jerman.
Berdasarkan wilayah ia adalah negara bagian terluas dan menduduki posisi ke-4
dengan luas wilayah 47.624,20 km2 Dengan penduduk sebanyak 109.142 jiwa.
Ibukotanya terletak di Hannover
dan dipimpin seorang Perdana Menteri. Niedersachsen mempunyai 38 Distrik yang 12 diantaranya adalah kota dan
sisanya adalah kabupaten. iklim di
Niedersachsen adalah iklim laut semi continental jadi di Niedersachsen sangat
sulit bahkan tidak memungkinkan untuk mengharapkan salju turun, karena letaknya
berdekatan dengan laut. Niedersachsen mempunyai gunung yang bernama pegunung
Harz. Harz adalah pegunungan tertinggi Jerman utara yang tingginya
kurang dari 2000 m, jika ingin bermain salju kebanyakan orang Niedersachsen
pergi ke pegunungan Harz dan berlibur di musim dingin. Niedersachsen juga mempunyai Dialekt
sendiri, yaitu dialect NIEDERSACHSICSH atau biasa disebut sebagai dilaek
belanda.
Potensi
wisata yang berada di Niedersachsen salah satunya adalah Luneburger Heide, yaitu salah satu padang rumput dan hutan seluas 230KM2.
Daerah ini dilindungi, kaya akan pemandangan dan vegetasi. Satu daerah ideal
untuk mengenal dan menikmati alam. Banyak orang berlibur dan berjalan di area
lindung ini. Taman bermain terkenal, LunePark terleatk di kawasan ini. Ada juga
Emsland, Emsland adalah tempat dengan pemandangan alami, kota-kota dan pedesaan
cantik, serta peninggalan kuno berumur lebih dari seribu tahun. Cara terbaik
untuk mengeksplorasi kawasan ini adalah dengan bersepeda. Emsland juga
merupakan tujuan utama bagi para pecinta alam dan burung.
Dan
kemudian juga ada Weserbergland, wilayah tepi Sungai Weser dengan banyak
kota-kota tua bekas jaman dulu yang sudah hancur tapi di perbaiki lagi menjadi
kota yang sangat indah dan romantic untuk dikunjungi, tempat, bangunan-bangunan
di Tepi Weser adalah salah satu rute favorit bersepeda. Di Niedersachsen
juga mempunyai acara festival tahunan yaitu oerol festival. Oerol festival
adalah festival musim panas yang berlangsung setiap bulan Juni. Festival 10
hari difokuskan pada kehidupan, teater publik serta musik dan seni visual.
Makanan khas yang berada di Niedersachsen seperti
·
ROLLMAFE yaitu sperti rollade
yang disi dengan daging, kebanyakan disana diisi dengan daging babi
·
Finkenauer
schollen
·
Labskaus adalah makanan utama
di Negara Jerman, Hidangan ini terbuat dari kornet
sapi, kentang, haring, bawang dan beetroot.
c. Nordrhein westfalen
Nordrhein westfalen atau singkatannya adalah NRW merupakan pusat ekonomi Jerman bagian Barat
yang Beribukota Dusseldorf. Luas wilayah di
daerah Nordrhein westfalen sekitar
17.571.856 km2 dan mempunyai kepadatan peduduk sekitar 5.2 juta jiwa.
Pemerintahan disana dipipmpin oleh
seorang perdana menteri, Pemilu di negara bagian
Nordrhein Westfalen sudah selalu ibarat pemilu kecil Jerman. Negara yang
dikenal dengan NRW itu amat penting secara politis maupun ekonomis. Dengan
jumlah penduduk 5.2 juta jiwa, negara bagian ini dengan penduduk terpadat di
antara 16 negara bagian di Jerman. Nordrhein westfalen mempunyai
31 Distrik yang teridiri dari Kota dan Kabupaten. Ditengah-tengah kota Nordrhein
westfalen juga mempunyai Rheinturm atau menara televisi juga jam digital
(analog) dan telekomunikasi seperti di Berlin, bedanya Rheinturm di Nordrhein
westfalen tidak mmpunyai caffe yang dapat berputar sejam sekali didalam
bundaran Rheinturm nya
Iklim di daerah Nordrhein westfalen adalah 100
persen iklim lautan, sama halnya dengan iklim lautan lainnya, di Nordrhein
westfalen sangat tidak memungkinkan untuk merasakan salju jika musim dingin
sudah tibaa. Di Nordrhein westfalen mempunyai dialeg tersendiri untuk
wilayahnya, nama dialect dari Nordrhein westfalen adalah NRW dialect
Wisata di Nordrhein westfalen kebanyakan adalah
Museum-museum dan bangunan sejarah seperti Museum Kurzplatz yaitu Museum Seni,
kebanyakan seni-seni yang di hasilkan oleh para ahli akan di museumkan di Nordrhein
westfalen, museum ini juga bisa sebagai tempat pembelajaran siswa, jadi museum
ini terbuka untuk umum. Selain Museum juga ada tempat perbelanjaan yang berada
di sepanjang jalan Karl-Theodor-Landskrne yang bernama pusat perbelanjaan
Koningsalle. Di daerah Nordrhein westfalen kebanyakan adalah Pabrik, karena
iklimnya yang dekat dengan laut, mereka memanfaatkan nya menjadi
industry-industri yang kebanyakan bergerak di bidang perlautan.
d. Sachsen-Anhalt
Sachsen-Anhalt adalah bagian Negara Jerman yang
mempunyai luas wilayah seluas 20.447 km2 dan kepadatan penduduk sebanyak 114 km2. Sachsen-Anhalt
Beribukota Magdeburg yang dipimpin oleh pemerintahan Menteri-Presiden yang
bernama Reiner hanseloff.
Iklim di Sachsen-Anhalt adalah100 persen iklim
lautan, sama halnya dengan iklim lautan lainnya, di Sachsen-Anhalt sangat tidak
memungkinkan untuk merasakan salju jika musim dingin sudah tibaa. Wisata dan
potensi alam yang paling banyak di Sachsen-Anhalt dalah peninggalan dan sisa
bangunan-bangunan sejarah, yang akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata,
seperti wisata belajar sejarah bagi anak-anak yang berkunjung kesana.
Ada beberapa nama tempat wisata yang saya ketahuai
adalah Gatrenreich Dessau Worlitz yaitu tempat wisata berbentuk kastil atau
gabungan museum yang digabung menjadi satu dan
mempunyai hamparan rumput yang luas dan pemandangan alam yang cocok
untuk piknik keluarga. Gatrenreich Dessau Worlitz adalah bekas istana Di
Sachen-Anhalt. Yang bangunan arsiktekturnya sangat indah dan sejarahnya menjadi
salah satu daya tarik di Sachen-Anhalt.
Makanan yang ada di Sachen-Anhalt
antara lain
1.
Rinderzunge atau masakan Lidah
sapi yang dibakar, di panggang atau dll
2. Linsansuppe seperti sup kentang
3. Kartufreisisuppe seperti sop biasa
yang diberi daging, bisa daging babi, kambing, sapi atau yang lain.
2. Kinder Garten dan Grundschule
Kinder garten seperti TK kalau di Indonesia, pertama
kali balita merasakan sekolah, tapi sekolah di kinder garten anak-anak di
diajarkan game education, kemampuan memperhatikan, konsentrasi, menggambar,
dll. Apabila anak telah berumur 6
tahun dan telah direkomendasi oleh kepala sekolah taman-kanak-kanak
(Kindergarten), dapat masuk ke sekolah dasar (Grundschule) yang ditempuh anak
selama 4 tahun. Selama 4 tahun tersebut anak diamati oleh gurunya ke sekolah
umum mana setiap anak akan melanjutkan. Apabila prestasi anak rendah maka
direkomendasi masuk ke sekolah menengah (Hauptschule), prestasi mencukupi ke
sekolah menengah kejuruan plus (Realschule), dan yang berprestasi baik ke
sekolah menengah umum
Hauptschule
Hauptschule diperuntukkan utk anak2 yang mempunyai
kesulitan dalam mengikuti pelajaran. di sekolah ini mereka belajar dasar2
pendidikan umum yang mempersiapkan mereka utk sebuah Berufsausbildung
(pendidikan ketrampilan). Hauptschule berakhir setelah 5 atau 6 tahun dgn
Hauptschulabschluss. setelah itu kebanyakan lulusan dari Hauptschule mengikuti
pendidikan sbg Bäcker (tukang roti), Dachdecker (tukang genteng), Frisör
(tukang potong rambut), Installateur atau Maurer (tukang batu).
Realschule
di Realschule murid belajar lanjutan pendidikan umum
yang menekankan kepada ilmu pengetahuan pasti spt matematik, kimia, fisika dan
kemampuan berbahasa jerman dan inggris. masa pendidikan di Realschule
berlangsung selama enam tahun dan diakhiri dgn mittleren Reife atau
Realschulabschluss atau Fachoberschulreife. kebanyakan lulusan dari Realschule
melanjutkan pendidikannya di bidang yg berhubungan dgn perdagangan atau medis
dan berupaya utk menyelesaikan pendidikan sbg Bankkaufmann (bankir),
Chemielaborant, Drogist (tukang obat), Industriekaufmann (pengusaha industri),
Krankenpfleger (perawat) atau Werkstoffprüfer (tester bahan baku).
Gymnasium
di Gymnasium murid2nya memperdalam pendidikan umum
yang mempersiapkan utk mereka meraih pendidikan lebih tinggi yg sifatnya
akademis. pendidikan berakhir setelah delapan tahun, G8, dgn Abitur (dibeberapa
negara bagian setelah sembilan tahun, G9). lulusan Abitur berhak mengikuti
kuliah di sekolah tinggi jerman misal di universitas jurusan arsitektur, teknik
elektro, administrasi bisnis, pengajaran, teknik mesin atau ilmu2 pengetahuan
alam.
Gesamtschule
utk anak2 yang krn misal keinginan belajarnya baru
datang belakangan atau krn faktor bahasa atau ortunya gak terima anaknya masuk
di Hauptschule masih terbuka kesempatan utk pindah ke Realschule atau Gymnasium
dgn masuk ke sekolah yang namanya Gesamtschule. disekolah ini murid2 tsb harus
belajar dgn keras supaya nilainya cukup utk bisa pindah ke Realschule atau
Gymnasium.
3. Kalau
di Indonesia, mulai pembelajarannya dari paud, diajarkan seperti kinder garten
di jerman, bermain, konsep ruangan dibuat seperti taman bermain dll. Dan
setelah lulus paud, anak-anak masuk ke TK (Taman Kanak-kanak) selama 4tahun
disana mereka sudah harus diajarkan huruf, membaca, menulis dll. Setelah lulus
dari TK anak-anak melanjutkan studi ke SD (Sekolah Dasar) selama 6 tahun,
mereka diajarkan tentang agama, sopan santun, dll. Pendidikan tidak bisa
dilanjutkan kalau dari awal anak tersebut tidak bisa memiliki ijasah SD.
Setelah lulus SD si anak melanjutkan ke SMP (Sekolah Menengah Pertama)
diajarkan tentang ilmu pengetahuan alam dan social, tentang peraturan-peraturan
yang harus dipatuhi, tata tertib dll. setelah mereka lulus SMP selama 3 tahun,
mereka melanjutkan studi ke SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah
Menengah Kejuruan ) di SMA pembagian jurusan akan dimulai, pembagian jurusan di
indonesia ada 3 jenis, IPA, IPS dan BAHASA.
Mereka bisa melanjutkan studi ke universitas, karena biasanya di SMA
dibimbing bagaimana masuk universitas dan cara-caranya agar dapat lolos jalur
undangan ataupun jalur tes atau biasa di jerman jalur tes seperti abirtur.
Sedangkan di SMK mereka juga ada
pembagian jalur minat bakat seperti teknik mesin, TKJ, RPL, dll. Mereka juga
bisa masuk universitas dan mengikuti jalur-jalur yang sudah ditentukan. Tapi
biasanya anak yang masuk SMK tujuan nya untuk bisa langsung kerja.
Di jerman :
Apabila anak telah berumur 6
tahun dan telah direkomendasi oleh kepala sekolah taman-kanak-kanak
(Kindergarten), dapat masuk ke sekolah dasar (Grundschule) yang ditempuh anak
selama 4 tahun. Selama 4 tahun tersebut anak diamati oleh gurunya ke sekolah
umum mana setiap anak akan melanjutkan. Apabila prestasi anak rendah maka
direkomendasi masuk ke sekolah menengah (Hauptschule), prestasi mencukupi ke
sekolah menengah kejuruan plus (Realschule), dan yang berprestasi baik ke
sekolah menengah umum
(Gymnasium). Hauptschule dan Realschule berlangsung
sampai kelas 10,
sedangkan Gymnasium berlangsung
sampai kelas 13, namun sekarang akan diusulkan sampai kelas 12 saja agar sama
dengan masa sekolah anak di negara lain 12 tahun saja sejak dari sekolah dasar.
Perbedaan ketiga jenis sekolah umum tersebut, menandakan bahwa di Jerman anak
yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi adalah yang mempunyai prestasi atau
tingkat kecerdasan (IQ) yang baik pula yakni tamatanGymnasium, sedangkan
prestasi yang kurang akan disiapkan untuk menjadi tukang, kerja bengkel,
bangunan, dan sejenisnya melalui sekolah Hauptschule. Bagi mereka yang
prestasinya mencukupi atau lumayan, disiapkan di sekolah menengah
plus Realschule yang setamat dari sana akan dapat bekerja di bank,
pegawai pemerintah, asuransi, dsb. Jadi anak yang tamat
dari Gymnasium dapat memilih kuliah di perguruan tinggi sesuai minat
dan keinginannya tanpa melalui testing masuk. Arbitur atau nilai dari
ijazah mereka sudah dapat digunakan sebagai dasar penerimaan di universitas.
4. Bahasa Jerman – adalah bahasa asing yang menarik
1. Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting dalam
komunikasi internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman,
sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Di Eropa
bahasa Jerman merupakan bahasa ibu bagi 100 juta orang
2. Bahasa Jerman menempati
kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi
memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan.
3. Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan membuka
wawasan intelektual. Kebudayaan Jerman mewujudkan diri dalam berbagai bentuk:
dari sastra dan musik, teater dan film hingga ke arsitektur, lukisan, filosofi
dan seni. Pengetahuan bahasa Jerman memungkinkan mengenal satu dari kebudayaan
besar Eropa dalam bentuk aslinya
4. Bahasa Jerman membuka pintu ke perkuliahan di
universitas Jerman. Meskipun kuliah internasional di universitas Jerman
memungkinkan Anda studi di Jerman tanpa pengetahuan bahasa Jerman, penguasaan
bahasa Jerman tentu saja menguntungkan jika ingin studi di sana.
5.
-Uni
Eropa adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa.
Uni Eropa merupakan kelompok 28 negara independen yang unik. Uni eropa bukanlah
sebuah negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian
tradisional, melainkan sebuah badan otonom di antara keduanya. Dalam bidang hukum
-Krisis ekonomi uni eropa prancis mengalami
kebangkrutan, uni eropa membantu tapi penuh dengan kontra dari anggota bagian uni eropa, karena pemasukan
uang Negara harus di berikan secara sukarela ke prancis.
-Di Uni Eropa tidak ada bank syariah seperti di
indonesia, semua standart seperti bank-bank pada umumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar