Pengertian
·
Interaksi antara pendidik -> Tenaga pendidik
-> Sumber
·
Pendekatan pembelajaran -> Cara pandang
·
Strategi pembelajara: langkah-langkah sistematik
dan sistemik
·
Model pembelajaran -> kerangka konseptual dan
operasional yang memiliki nama, cirri, urutan logis, pengaturan dan budaya.
·
Metode pembelajaran -> cara atau teknik yang
digunakan dalam pembelajaran, ceramah dan diskusi.
Konsep
·
Pembelajaran -> poses pengembangan potensi
dan pembangunan karakter.
·
Sekolah -> Tempat kedua pendidikan melalui
program intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakulikuler
-
Intrakulikuler :
mata pelajaran
-
Kokulikuler :
tugas individu, kelompok, proyek, dll
-
Ekstrakulikuler :
umu, tidak terikat dg pelajaran, Basket, Menari dll
Prinsip
·
Peserta difasilitasi untuk mencari tahu
·
Peserta belajar dari sumber belajar
·
Menggunakan pendekatan ilmiah
·
Berbasis kompetensi
·
Pembelajaran terpadu
·
Menekankan jawaban divergen atau multi dimensi
·
Aplikatif
·
Peningkatan keseimbangan hard skills dan soft skills
·
Membudayakan Peserta didik untuk menjadi
pembelajar sepanjang hayat
·
Menerapkan “ing ngarso sung tulodo, ing madyo
mangun karso, tut wur handayani”
·
Pembelajaran berlangsung disemua lingkungan
·
Pemanfaatan teknologi
·
Menghargai latar belakang budaya peserta didik
·
Suasana belajar menyenangkan dan menantang
Lingkup
·
Pendekatan
saintifik : menggunakan beberapa
strategi model pembelajaran, memiliki nama, ciri, sintak,
pengaturan dan budaya
Modus pembelajaran
·
Direct Intructional
-
Melalui interaksi langsung
-
Mengamati, menanya, mengumpulkan
-
Informasi, melanar, mengkmunikasikan dengan
sumber dalam silabus dan rpp
·
Indirect instructional
Pembelajaran dilakukan terselubung
Contoh : penanaman budi pekerti, budaya, dll
Karakteristik
·
Interaktif, inspiratif
·
menyenangkan, menantang, memotivasi
·
konstektual dan kolaboratif
·
member ruang bagi prakarsa, kreatifitas dan
kemandirian
·
sesuai bakat minat, kemampuan dan perkembangan
fisik dan psikologis
Pelaksanaan
·
dilaksanakan direct dan indirect dengan
menggunakan rpp sebagai landasan dalam menerapkan strategi dan model
pembelajaran
Kriteria
·
berbasis fakta atau fenomena yang logis, bebas
prasangka, objektif
·
mendorong berfikir kritis, analitis, objektif
dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan dan mengaplikasikan
materi atau masalah.
·
Mendorong berfikir hippotetik dalam melihat
perbedaan, kesamaan isi, materi mata pelajaran dan lainya
·
Berbasis konsep, teori dan fakta empiris yang
dapat dipertanggung jawabkan
·
tujuan pembelajaran dirumuskan sederhana dan
jelas dengan penyajian yang menarik
langkah langkah
·
menggunakan transformasi substansi agar peserta
didik “tahu mengapa”, “tahu apa” dan “tahu bagaimana”. Sehingga tercipta
keseimbangan soft skill dan hard skill.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar