Jumat, 09 Oktober 2020

PENDEKATAN SAINTIFIK

 

Pengertian

·         Interaksi antara pendidik -> Tenaga pendidik -> Sumber

·         Pendekatan pembelajaran -> Cara pandang

·         Strategi pembelajara: langkah-langkah sistematik dan sistemik

·         Model pembelajaran -> kerangka konseptual dan operasional yang memiliki nama, cirri, urutan logis, pengaturan dan budaya.

·         Metode pembelajaran -> cara atau teknik yang digunakan dalam pembelajaran, ceramah dan diskusi.

Konsep

·         Pembelajaran -> poses pengembangan potensi dan pembangunan karakter.

·         Sekolah -> Tempat kedua pendidikan melalui program intrakulikuler, kokurikuler dan ekstrakulikuler

-          Intrakulikuler             : mata pelajaran

-          Kokulikuler                 : tugas individu, kelompok, proyek, dll

-          Ekstrakulikuler          : umu, tidak terikat dg pelajaran, Basket, Menari dll

Prinsip

·         Peserta difasilitasi untuk mencari tahu

·         Peserta belajar dari sumber belajar

·         Menggunakan pendekatan ilmiah

·         Berbasis kompetensi

·         Pembelajaran terpadu

·         Menekankan jawaban divergen atau multi dimensi

·         Aplikatif

·         Peningkatan keseimbangan hard skills dan soft skills

·         Membudayakan Peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat

·         Menerapkan “ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wur handayani”

·         Pembelajaran berlangsung disemua lingkungan

·         Pemanfaatan teknologi

·         Menghargai latar belakang budaya peserta didik

·         Suasana belajar menyenangkan dan menantang

Lingkup

·        
Pendekatan saintifik       : menggunakan beberapa strategi model pembelajaran, memiliki nama,                                                  ciri, sintak, pengaturan dan budaya

 

 

Modus pembelajaran

·         Direct Intructional

-          Melalui interaksi langsung

-          Mengamati, menanya, mengumpulkan

-          Informasi, melanar, mengkmunikasikan dengan sumber dalam silabus dan rpp

·         Indirect instructional

Pembelajaran dilakukan terselubung

Contoh : penanaman budi pekerti, budaya, dll

Karakteristik

·         Interaktif, inspiratif

·         menyenangkan, menantang, memotivasi

·         konstektual dan kolaboratif

·         member ruang bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian

·         sesuai bakat minat, kemampuan dan perkembangan fisik dan psikologis

Pelaksanaan

·         dilaksanakan direct dan indirect dengan menggunakan rpp sebagai landasan dalam menerapkan strategi dan model pembelajaran

Kriteria

·         berbasis fakta atau fenomena yang logis, bebas prasangka, objektif

·         mendorong berfikir kritis, analitis, objektif dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan dan mengaplikasikan materi atau masalah.

·         Mendorong berfikir hippotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan isi, materi mata pelajaran dan lainya

·         Berbasis konsep, teori dan fakta empiris yang dapat dipertanggung jawabkan

·         tujuan pembelajaran dirumuskan sederhana dan jelas dengan penyajian yang menarik

langkah langkah

·         menggunakan transformasi substansi agar peserta didik “tahu mengapa”, “tahu apa” dan “tahu bagaimana”. Sehingga tercipta keseimbangan soft skill dan hard skill.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar