Sabtu, 10 Oktober 2020

Cemilan di Jerman (essen und trink)

 

A.      Cemilan di Jerman

1.      Schwärzwalder kirschtorte

 




Schwärzwalder kirschtorte dikenal di berbagai belahan dunia dengan nama black forest. Kue yang satu ini memang sudah sangat terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Schwärzwalder kirschtorte merupakan kue coklat yang dilapisi krim vanilla segar dan serutan coklat, serta dihias dengan buah cherry.

 

2.      Apfelstrudel

 


Apfelstrudel adalah kue yang terbuat dari apel. Apfelstrudel merupakan kue tradisional Jerman. Apfelstrudel umumnya berbentuk bulat dan bertekstur lembut.

 

3.      Bienenstich

 


 

Bienenstich berarti sengatan lebah. Terkait dengan namanya, makanan manis ini memang mengandung madu. Bienenstich dibuat dari adonan manis dengan campuran krim vanilla, almond, dan madu sebagai pelapis atas adonan tersebut.

 

4.      Bretzel

 

 

Makanan khas Jerman yang satu ini berbentuk pita dan berwarna coklat dengan taburan garam kasar, biji wijen, atau biji bunga matahari di permukaannya. Roti ini dibuat dari tepung gandum dan merupakan makanan wajib dalam pesta panen yang disebut dengan Oktoberfest. Selain tepung gandum, adonan roti ini juga mengandung garam, ragi, air, dan malt. Meskipun tekstur roti ini keras, bretzel tetap digemari berkat bentuknya yang unik dan khas serta rasanya yang lezat.

5.      Lebkuchen

 


 

Lebkuchen adalah kue tradisional khas Jerman yang juga dikenal dengan sebutan ginger bread atau roti jahe. Kue berwarna coklat ini dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan madu, telur, hazelnut, walnut, badam, manisan jeruk, potongan lemon, marzipan, dan berbagai rempah, seperti kayu manis, jahe, adas manis, pimento, ketumbar, dan kapulaga.

 

 

6.      Doner Kebab

 


walaupun kebab ini asalnya dari Turki, tapi di Jerman kita bakal akan menemukan banyak toko kebab disana. Kebab itu sendiri terbuat dari roti jenis khusus yang diisi dengan irisan tipis daging, yang biasanya daging sapi atau ada juga ayam, selada, tomat, bawang dan mayonnaise atau saus yang terbuat dari yogurt.

B.      Minuman khas Jerman

1.      Gluhwein

 


 

Gluhwein ini terbuat dari anggur merah, rempah-rempah, kayu manis, kulit jeruk atau  lemon. Campuran bahan-bahan tersebut dipanaskan dan biasanya disajikan dalam cangkir.

 


2.      Spezi

 

Campuran cola dan orange soda ini dapat ditemukan di banyak daerah di Jerman dengan merek yang berbeda.

 

3.      Bier

 


Bir Jerman sangat terkenal karena Oktoberfest, sebuah festival yang berbasis di Munich. Saat festival yang merayakan budaya Bavaria ini, kita dapat melihat bagaimana pentingnya bir, brass music dan makanan tradisional. Di Jerman, remaja dapat mulai minum bir di usia 16 tahun. Kalau kita beli bir botol atau kaleng di sebuah grocery store, setelah selesai minum, kita bisa mengembalikan botol atau kaleng bir tersebut untuk deposit refund.

 


 

4.      Radler

 

Merupakan bir yang dicampur dengan soda.

 

 

 

5.      Apfelschoerle

 


 

Merupakan sari buah apel dengan campuran air soda.


 

C.      Makanan Halal di Jerman

Ada 2 opsi untuk mendapatkan makanan halal di Jerman, yaitu

1.      Membeli makanan di Restauran Indonesia atau restoran Turki.

Berikut adalah beberapa daftar Restoran masakan halal di Jerman.

 

-          Restoran Nusantara di Berlin

 


 

-          Restoran Mabuhay di Berlin

 

 

-          Restoran Tuk Tuk di Berlin

 

 

Jika memasak sendiri, maka kita harus berbelanja. Kita bias berbelanja di supermarket atau pasar tradisional di Jerman.

Supermarket di Jerman

1.      ALDI

 


 

 

 

  

2.      EDEKA

 


 

 


 


 

Pasar tradisional di Jerman.

 

Wochenmarkt (Pasar Pekan)
Bagi para pembaca yang ingin membeli berbagai bahan makanan segar seperti sayur-sayuran ataupun buah-buahan yang biasanya langsung dijual dari hasil panen para petaninya, Wochenmarkt adalah tempat belanja yang tepat. Wochenmarkt adalah salah satu pasar tradisional di Jerman yang biasanya hanya dibuka setiap satu atau dua minggu sekali. Orang-orang lokal atau yang berasal dari daerah sekitar tempat diadakannya pasar pekan tersebut biasanya banyak yang membuka stan dan menjual berbagai jenis barang, terutama bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, keju, ikan dan daging segar. Selain itu, terkadang ada juga stan yang menjual pakaian, sepatu dan berbagai macam bunga. Meskipun harga barang-barang di Wochenmarkt ini tidak begitu murah, namun produk-produk yang ditawarkan pada umumnya berkualitas tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar