Sabtu, 10 Oktober 2020

CHANNEL RADIO YANG ADA DI JERMAN

 

http://www.listenlive.eu/germany.html

RADIO JERMAN

 

Suara Jerman Deutsche Welle (SJDW) adalah pemancar radio Jerman untuk siaran luar negeri. Dengan siaran radio, televisi, on-line serta pusat l  atihannya, DW merupakan jembatan informasi kebudayaan, dan perantara menuju saling pengertian antar bangsa. Komunikasi merupakan tugas jurnalistik yang diembannya. Dengan unifikasi Jerman, maka DW sebagai “Suara Jerman di Dunia” bertambah besar.

Sebagai pemancar radio yang berbentuk badan hokum umum, DW bertugas menyampaikan gambaran menyeluruh tentang kehidupan politik, ekonomi dan kebudayaan di Jerman. Selain itu, menjelaskan pula pandangan Jerman mengenai masalah-masalah penting. Tugas tersebut dilaksanakn oleh ribuan karyawan dari lebih 65 negara di seluruh dunia.

DW didirikan pada tanggal 3 Mei 1953, merupakan salah satu dari lima pemancar luar negeri terbesar di dunia. Siaran utama dalam bahasa Jerman, dipancarkan melalui gelombang pendek, satelit dan internet ke seluruh dunia. DW menyiarkan acaranya dalam 39 bahasa yang mencakup lebih dari 88 jam setiap harinya.

 

PERKEMBANGAN, MANFAAT, DAN TANTANGAN RADIO

Radio adalah sebuah teknologi yang melakukan pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Radio adalah sebuah teknologi yang sering kita dengar, lihat, dan sering menjadi bagian dalam aktifitas kita sehari-hari. Radio juga mulai banyak digunakan ketika Perang Dunia II, seperti Jerman yang menggunakan teknologi radio ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh negara lain, Britania. Sekitar 1920-an, siaran radio mulai diperkenalkan ketika pesawat radio mulai menjadi populer terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Sebelum terjadinya perang, radio banyak digunakan untuk mengembangkan, mendeteksi, dan memberi lokasi dari pesawat atau kapal dengan radar. Pada masa kini, radio sudah semakin berkembang menjadi lebih modern.

perkembangannya

Pada zaman dahulu, radio digunakan oleh para maritim untuk mengirimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode morse. Pengguna pertama teknologi radio adalah Angkatan Laut Jepang yang memata-matai Rusia ketika perang Tsushima berlangsung pada 1901. Salah satu penggunaan teknologi radio pada masa lalu yang paling dikenang adalah saat tenggelamnya kapal Titanic pada 1912. Radio juga mulai banyak digunakan ketika Perang Dunia II, seperti Jerman yang menggunakan teknologi radio ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh negara lain, Britania. Sekitar 1920-an, siaran radio mulai diperkenalkan ketika pesawat radio mulai menjadi populer terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Sebelum terjadinya perang, radio banyak digunakan untuk mengembangkan, mendeteksi, dan memberi lokasi dari pesawat atau kapal dengan radar.

Pada masa kini, radio sudah semakin berkembang menjadi lebih modern.Bentuknya pun beragam, mulai dari yang terlihat secara fisik, dapat disentuh, yang biasa terdapat di rumah, kantor, sekolah, mobil, ponsel dan sebagainya, yang harus kita putar atau cari secara manual untuk mendapatkan frekuensi yang tepat. Selain itu, radio juga berkembang menjadi radio digital yang dapat diakses dengan penggunaan internet. Radio ini dapat diakses padasmartphone yang terhubung dengan internet atau Wi-Fi.

 

manfaat

Radio memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat luas dalam kehidupan sehari-hari, seperti pendidikan, penyebaran informasi, hiburan, keagamaan, ekonomi, politik, dan sebagainya. Di bidang pendidikan, radio menyebarkan informasi terbaru untuk menambah wawasan para pendengar, selain itu, berita atau informasi yang disebarkan adalah informasi yang berdasarkan fakta, sehingga tidak terjadi kekeliruan atau kesalahpahaman. Radio pada bidang pendidikan ini juga memberikan dorongan atau motivasi bagi para pendengar untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif.

Radio memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi tentang suatu kejadian yang sedang berlangsung atau akan dilaksanakan. Misalnya saja, akan diadakan sebuah event / acara, radio akan menyiarkan informasi tentang acara yang bersangkutan, sesuai dengan permintaan pembuat acara. Selain itu, radio dapat menyiarkan tentang berita-berita terkini, tentang kondisi jalan (apakah jalan tersebut macet atau tidak), suatu peristiwa seperti kecelakaan, bencana, musibah, penggalangan dana, dan sebagainya. Semua informasi dalam berbagai bidang dapat disebarkan melalui radio.

Selain untuk menyebarkan informasi dan menambah wawasan di dunia pendidikan, radio juga memiliki fungsi lain, yaitu hiburan. Radio memiliki beberapa siaran yang dapat menghibur pendengar, seperti pemutaran lagu-lagu berdasarkan tingkat kepopulerannya, pemutaran lagu sesuai dengan permintaan pendengar, dialog interaktif antara penyiar dan pendengar ketika sedang berada pada sebuah program, seperti “Tawco” atau “Tawaran Ngaco” di JakFM, gossip tentang arti-artis terkenal, dan masih banyak lagi hiburan lainnya. Misalnya saja, “MasDarTop5” di Prambors yang memberikan informasi tentang 5 hal yang menjadi perbincangan populer di masyarakat.

Tantangan

Tantangan yang dihadapi radio ketika media baru seperti televisi dan internet mulai bermunculan adalah radio semakin ditinggalkan. Masyarakat lebih memilih pada teknologi yang memiliki fungsi audio dan visual. Televisi yang memiliki fitur baru dengan fungsi audio dan visual, membuat masyarakat lebih tertarik. Misalnya saja dalam bidang pendidikan atau pembelajaran, tentu kita akan lebih tertarik pada hal yang memiliki banyak warna serta suara yang menarik. Munculnya internet juga mempermudah aktifitas sehari-hari, seperti facebook, twitter, instagram, myspace, dan sebagainya. Masyarakat yang terpengaruh globalisasi lebih memilih melakukan aktifitas-aktifitas di dunia maya dan bersosialisasi melalui jejaring sosial tersebut. Namun, perusahaan yang bergerak di bidang radio tidak mau kalah dengan masuknya teknologi-teknologi baru. Oleh karena itu, penyiar radio berusaha untuk membuat program-program yang menarik pendengar, agar radio kembali lagi didengarkan, seperti berita terkini, event terbaru, gossip, musik, dan sebagainya. Program-program itulah yang kembali menaikkan tingkat pendengar radio 

Ini adalah channel RADIO yang ada di jerman


 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar