Kamis, 08 Oktober 2020

Possessivpronomen dalam bahasa Jerman

 

  • Possessivpronomen adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan suatu kepunyaan.
  • Selain berfungsi sebagai kata ganti kepunyaan, juga digunakan sebagai pelengkap kata benda (Attributiv).
  • Perbedaan antara keduanya sangat jelas, apabila Possessivepronomen sebagai artikel (Possessivartikel) maka selalu berada di depan kata benda tetapi apabila Possessivepronomen sebagai pengganti dari kata benda maka digunakan tanpa artikel. Lihat tabel dan contoh sebagai berikut :

 

Personal-
pronomen

Possessiv-
pronomen
als Artikel
Nominativ

Possessivpronomen

ich

mein Buch

  Ja, das ist mein(e)s.

du

dein Buch

  Ist das dein(e)s ?

er

sein Buch

  Nein, es ist sein(e)s.

es

sein Buch

  Oder vielleicht sein(e)s ?

sie

ihr Buch

  Es ist Ihres.

wir

unser Buch

  Aber, das hier ist unseres!

ihr

euer Buch

  Und das hier ist eures.

sie

ihr Buch

  Nein, es gehört den Kindern. Es ist ihres.

Sie (formal)

Ihr Buch

  Herr Müller, ist das Ihres ?

 

  • Ist das dein Velo ? Ja,das ist mein(e)s.
  • Ist das seine Blume ? Ja, das ist seine.
  • Ist das Ihr Hund ? Ja, das ist mein(e)s.

Penerapan Possessivpronomen dalam sebuah kalimat selain tergantung pada jenis artikelnya juga tergantung kasus yang dialaminya. Berikut perubahannya:

 

Artikel

Nominativ

Akkusativ

Der

Mein

Meinen

Die

Meine

Meine

Das

Mein

Mein

Die 

Meine  

Meine

 

Contoh:

  • Das ist mein Bruder. (der-Nom.)
  • Sie ist meine Schwester. (die-Nom.)
  • Mein Auto kostet Rp. 35 Mio. (das-Nom.)
  • Meine Eltern fahren morgen nach Surabaya. (die/Pl.-Nom.)
  • Ich sehe meinen Onkel auf der Bank. (der-Akk.)
  • Er sucht seine Freundin. (die-Akk.)
  • Ich bringe ihr Buch in die Schule mit. (das-Akk.)
  • Ich finde ihre Kinder sehr lustig. (die/Pl-Akk.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar