Sabtu, 10 Oktober 2020

SISTEM SEKOLAH DI JERMAN

 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS  NEGERI MALANG (UM)

PROGRAM S1 PENDIDIKAN BAHASA JERMAN

UJIAN AKHIR  SEMESTER  (UAS) GANJIL  TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Matakuliah         :  TELAAH PRANATA MASYARAKAT JERMAN        Pelaksanaan: Sesuai dengan jadwal

Kode Mk              :                                                                              Sifat Ujian     : Open book

Dosen Pembina :   Dudy Syafruddin                                                          Waktu            : 90 menit

Email                     :  dudysyafruddin@gmail.com                                Nama             : Lika chusnul aissyah

PETUNJUK :   Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas..

1.    Republik Federal  Jerman (RFJ) terdiri atas  16 negara bagian. Sebutkan  4 dari 16 negara    bagian tersebut beserta dengan kekhasannya, baik dari sisi alam maupun budayanya.

2.    Isi  bagan di bawah ini dan deskripsikan sistem pendidikan di RFJ mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi

Kindergarten  (1-2)

 

 

Grundschule

Gymnasium

Gesamschule

Realschule

Hauptschule

 

Abitur

Aus Bildung

Gymnasium

berufschule

Universitat

Fachoberschulreife

Realschulabschluss

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3.  Bandingkan sistem pendidikan Jrman tersebut dengan sistem pendidikan di Indonesia.

4.  Kajian kebudayaan Jerman berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan masyarakat Jerman.  Jelaskan salah satu aspek kebudayaan yang paling menarik bagi Anda bila dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia.

5.  Apa yang saudara ketahui tentang Uni Eropa?

 

Semoga  Sukses/vie Erfolg!

 

Antwort!

 

1.      a. Mecklenburg-Vorpommern  

Mecklenburg-Vorpommern negara bagian yang terletak di timur laut Negara Jerman. memiliki luas wilayah sebesar 23.180.14 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 1.642.237 jiwa. Beribukota yang bernama Schwerin, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Harald Ringstorff. Mecklenburg-Vorpommern mempunyai 18 Distrik yang terbagi menjadi 12 kabupaten dan 6 kota madya ( Schwerin, Griefswald, Rostock, Starlsund, Wismar ) Sumber pendapatan utama di kota Mecklenburg-Vorpommern adalah sektor wisatanya da hutan luas, perbukitan, rawa-rawa dan sungai panjang seakan tak berujung, juga banyak sekali danau yang terkenal hingga kota ini disebut dengan Negeri Seribu Danau yang mempunyai danau lebih dari 2000 dan 200 tempat wisata rostock. Orang-orang di kota ini juga sangat peduli dengan keadaan alam di sekitarnya seperti Cagar Alam yang sangat dijaga baik disana, disana adalah kota kecil dengan berjuta keindahanya. Banyak warga yang berbondong-bondong pergi ke kota untuk mencari pekerjaan, tapi yang saya tahu bahwa pemuda-pemuda yang ada di kota Mecklenburg-Vorpommern malah menegambangkan bakatnya di kota kecil mereka itu. kota Mecklenburg-Vorpommern mempunyai festival setiap tahunnya yang bernama Festspiele mecklemburg-Vorpommern.

Makanan khas dari kota Mecklenburg-Vorpommern yaitu

1.      Rote grutze                  ( sup buah )

2.      Sauerflrisch                 (sup daging )

3.      Helgolander krabben salat

4.      Bulletten                     (bakso daging )

5.      Soeier                          ( telur acar )

 

b. Niedersachsen 

Niedersachsen adalah salah satu negara bagian Jerman yang terletak di bagian utara Jerman. Berdasarkan wilayah ia adalah negara bagian terluas dan menduduki posisi ke-4 dengan luas wilayah 47.624,20 km2 Dengan penduduk sebanyak 109.142 jiwa. Ibukotanya terletak di Hannover dan dipimpin seorang Perdana Menteri. Niedersachsen mempunyai 38 Distrik yang 12 diantaranya adalah kota dan sisanya adalah kabupaten. iklim di Niedersachsen adalah iklim laut semi continental jadi di Niedersachsen sangat sulit bahkan tidak memungkinkan untuk mengharapkan salju turun, karena letaknya berdekatan dengan laut. Niedersachsen mempunyai gunung yang bernama pegunung Harz. Harz adalah pegunungan tertinggi Jerman utara yang tingginya kurang dari 2000 m, jika ingin bermain salju kebanyakan orang Niedersachsen pergi ke pegunungan Harz dan berlibur di musim dingin. Niedersachsen juga mempunyai Dialekt sendiri, yaitu dialect NIEDERSACHSICSH atau biasa disebut sebagai dilaek belanda.

Potensi wisata yang berada di Niedersachsen salah satunya adalah Luneburger Heide, yaitu salah satu padang rumput dan hutan seluas 230KM2. Daerah ini dilindungi, kaya akan pemandangan dan vegetasi. Satu daerah ideal untuk mengenal dan menikmati alam. Banyak orang berlibur dan berjalan di area lindung ini. Taman bermain terkenal, LunePark terleatk di kawasan ini. Ada juga Emsland, Emsland adalah tempat dengan pemandangan alami, kota-kota dan pedesaan cantik, serta peninggalan kuno berumur lebih dari seribu tahun. Cara terbaik untuk mengeksplorasi kawasan ini adalah dengan bersepeda. Emsland juga merupakan tujuan utama bagi para pecinta alam dan burung.

Dan kemudian juga ada Weserbergland, wilayah tepi Sungai Weser dengan banyak kota-kota tua bekas jaman dulu yang sudah hancur tapi di perbaiki lagi menjadi kota yang sangat indah dan romantic untuk dikunjungi, tempat, bangunan-bangunan di Tepi Weser adalah salah satu rute favorit bersepeda. Di Niedersachsen juga mempunyai acara festival tahunan yaitu oerol festival. Oerol festival adalah festival musim panas yang berlangsung setiap bulan Juni. Festival 10 hari difokuskan pada kehidupan, teater publik serta musik dan seni visual.

Makanan khas yang berada di Niedersachsen seperti

·         ROLLMAFE yaitu sperti rollade yang disi dengan daging, kebanyakan disana diisi dengan daging babi

·         Finkenauer schollen

·         Labskaus adalah makanan utama di Negara Jerman, Hidangan ini terbuat dari kornet sapi, kentang, haring, bawang dan beetroot.

c. Nordrhein westfalen

Nordrhein westfalen atau singkatannya adalah NRW merupakan pusat ekonomi Jerman bagian Barat yang Beribukota Dusseldorf. Luas wilayah di daerah Nordrhein westfalen sekitar 17.571.856 km2 dan mempunyai kepadatan peduduk sekitar 5.2 juta jiwa.

            Pemerintahan disana dipipmpin oleh seorang perdana menteri, Pemilu di negara bagian Nordrhein Westfalen sudah selalu ibarat pemilu kecil Jerman. Negara yang dikenal dengan NRW itu amat penting secara politis maupun ekonomis. Dengan jumlah penduduk 5.2 juta jiwa, negara bagian ini dengan penduduk terpadat di antara 16 negara bagian di Jerman. Nordrhein westfalen mempunyai 31 Distrik yang teridiri dari Kota dan Kabupaten. Ditengah-tengah kota Nordrhein westfalen juga mempunyai Rheinturm atau menara televisi juga jam digital (analog) dan telekomunikasi seperti di Berlin, bedanya Rheinturm di Nordrhein westfalen tidak mmpunyai caffe yang dapat berputar sejam sekali didalam bundaran Rheinturm nya

Iklim di daerah Nordrhein westfalen adalah 100 persen iklim lautan, sama halnya dengan iklim lautan lainnya, di Nordrhein westfalen sangat tidak memungkinkan untuk merasakan salju jika musim dingin sudah tibaa. Di Nordrhein westfalen mempunyai dialeg tersendiri untuk wilayahnya, nama dialect dari Nordrhein westfalen adalah NRW dialect

Wisata di Nordrhein westfalen kebanyakan adalah Museum-museum dan bangunan sejarah seperti Museum Kurzplatz yaitu Museum Seni, kebanyakan seni-seni yang di hasilkan oleh para ahli akan di museumkan di Nordrhein westfalen, museum ini juga bisa sebagai tempat pembelajaran siswa, jadi museum ini terbuka untuk umum. Selain Museum juga ada tempat perbelanjaan yang berada di sepanjang jalan Karl-Theodor-Landskrne yang bernama pusat perbelanjaan Koningsalle. Di daerah Nordrhein westfalen kebanyakan adalah Pabrik, karena iklimnya yang dekat dengan laut, mereka memanfaatkan nya menjadi industry-industri yang kebanyakan bergerak di bidang perlautan.

d. Sachsen-Anhalt

Sachsen-Anhalt adalah bagian Negara Jerman yang mempunyai luas wilayah seluas 20.447 km2 dan kepadatan penduduk sebanyak 114  km2. Sachsen-Anhalt Beribukota Magdeburg yang dipimpin oleh pemerintahan Menteri-Presiden yang bernama Reiner hanseloff.

Iklim di Sachsen-Anhalt adalah100 persen iklim lautan, sama halnya dengan iklim lautan lainnya, di Sachsen-Anhalt sangat tidak memungkinkan untuk merasakan salju jika musim dingin sudah tibaa. Wisata dan potensi alam yang paling banyak di Sachsen-Anhalt dalah peninggalan dan sisa bangunan-bangunan sejarah, yang akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata, seperti wisata belajar sejarah bagi anak-anak yang berkunjung kesana.

Ada beberapa nama tempat wisata yang saya ketahuai adalah Gatrenreich Dessau Worlitz yaitu tempat wisata berbentuk kastil atau gabungan museum yang digabung menjadi satu dan  mempunyai hamparan rumput yang luas dan pemandangan alam yang cocok untuk piknik keluarga. Gatrenreich Dessau Worlitz adalah bekas istana Di Sachen-Anhalt. Yang bangunan arsiktekturnya sangat indah dan sejarahnya menjadi salah satu daya tarik di Sachen-Anhalt.

Makanan yang ada di Sachen-Anhalt antara lain

1.      Rinderzunge atau masakan Lidah sapi yang dibakar, di panggang atau dll

2.      Linsansuppe seperti sup kentang

3.      Kartufreisisuppe seperti sop biasa yang diberi daging, bisa daging babi, kambing, sapi atau yang lain.

 

2.      Kinder Garten  dan Grundschule

Kinder garten seperti TK kalau di Indonesia, pertama kali balita merasakan sekolah, tapi sekolah di kinder garten anak-anak di diajarkan game education, kemampuan memperhatikan, konsentrasi, menggambar, dll. Apabila anak telah berumur 6 tahun dan telah direkomendasi oleh kepala sekolah taman-kanak-kanak (Kindergarten), dapat masuk ke sekolah dasar (Grundschule) yang ditempuh anak selama 4 tahun. Selama 4 tahun tersebut anak diamati oleh gurunya ke sekolah umum mana setiap anak akan melanjutkan. Apabila prestasi anak rendah maka direkomendasi masuk ke sekolah menengah (Hauptschule), prestasi mencukupi ke sekolah menengah kejuruan plus (Realschule), dan yang berprestasi baik ke sekolah menengah umum

 Hauptschule

Hauptschule diperuntukkan utk anak2 yang mempunyai kesulitan dalam mengikuti pelajaran. di sekolah ini mereka belajar dasar2 pendidikan umum yang mempersiapkan mereka utk sebuah Berufsausbildung (pendidikan ketrampilan). Hauptschule berakhir setelah 5 atau 6 tahun dgn Hauptschulabschluss. setelah itu kebanyakan lulusan dari Hauptschule mengikuti pendidikan sbg Bäcker (tukang roti), Dachdecker (tukang genteng), Frisör (tukang potong rambut), Installateur atau Maurer (tukang batu).

Realschule

di Realschule murid belajar lanjutan pendidikan umum yang menekankan kepada ilmu pengetahuan pasti spt matematik, kimia, fisika dan kemampuan berbahasa jerman dan inggris. masa pendidikan di Realschule berlangsung selama enam tahun dan diakhiri dgn mittleren Reife atau Realschulabschluss atau Fachoberschulreife. kebanyakan lulusan dari Realschule melanjutkan pendidikannya di bidang yg berhubungan dgn perdagangan atau medis dan berupaya utk menyelesaikan pendidikan sbg Bankkaufmann (bankir), Chemielaborant, Drogist (tukang obat), Industriekaufmann (pengusaha industri), Krankenpfleger (perawat) atau Werkstoffprüfer (tester bahan baku).

Gymnasium

di Gymnasium murid2nya memperdalam pendidikan umum yang mempersiapkan utk mereka meraih pendidikan lebih tinggi yg sifatnya akademis. pendidikan berakhir setelah delapan tahun, G8, dgn Abitur (dibeberapa negara bagian setelah sembilan tahun, G9). lulusan Abitur berhak mengikuti kuliah di sekolah tinggi jerman misal di universitas jurusan arsitektur, teknik elektro, administrasi bisnis, pengajaran, teknik mesin atau ilmu2 pengetahuan alam.

Gesamtschule

utk anak2 yang krn misal keinginan belajarnya baru datang belakangan atau krn faktor bahasa atau ortunya gak terima anaknya masuk di Hauptschule masih terbuka kesempatan utk pindah ke Realschule atau Gymnasium dgn masuk ke sekolah yang namanya Gesamtschule. disekolah ini murid2 tsb harus belajar dgn keras supaya nilainya cukup utk bisa pindah ke Realschule atau Gymnasium.

 

3.      Kalau di Indonesia, mulai pembelajarannya dari paud, diajarkan seperti kinder garten di jerman, bermain, konsep ruangan dibuat seperti taman bermain dll. Dan setelah lulus paud, anak-anak masuk ke TK (Taman Kanak-kanak) selama 4tahun disana mereka sudah harus diajarkan huruf, membaca, menulis dll. Setelah lulus dari TK anak-anak melanjutkan studi ke SD (Sekolah Dasar) selama 6 tahun, mereka diajarkan tentang agama, sopan santun, dll. Pendidikan tidak bisa dilanjutkan kalau dari awal anak tersebut tidak bisa memiliki ijasah SD. Setelah lulus SD si anak melanjutkan ke SMP (Sekolah Menengah Pertama) diajarkan tentang ilmu pengetahuan alam dan social, tentang peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, tata tertib dll. setelah mereka lulus SMP selama 3 tahun, mereka melanjutkan studi ke SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan ) di SMA pembagian jurusan akan dimulai, pembagian jurusan di indonesia ada 3 jenis, IPA, IPS dan BAHASA.  Mereka bisa melanjutkan studi ke universitas, karena biasanya di SMA dibimbing bagaimana masuk universitas dan cara-caranya agar dapat lolos jalur undangan ataupun jalur tes atau biasa di jerman jalur tes seperti abirtur.

Sedangkan di SMK mereka juga ada pembagian jalur minat bakat seperti teknik mesin, TKJ, RPL, dll. Mereka juga bisa masuk universitas dan mengikuti jalur-jalur yang sudah ditentukan. Tapi biasanya anak yang masuk SMK tujuan nya untuk bisa langsung kerja.

Di jerman :

Apabila anak telah berumur 6 tahun dan telah direkomendasi oleh kepala sekolah taman-kanak-kanak (Kindergarten), dapat masuk ke sekolah dasar (Grundschule) yang ditempuh anak selama 4 tahun. Selama 4 tahun tersebut anak diamati oleh gurunya ke sekolah umum mana setiap anak akan melanjutkan. Apabila prestasi anak rendah maka direkomendasi masuk ke sekolah menengah (Hauptschule), prestasi mencukupi ke sekolah menengah kejuruan plus (Realschule), dan yang berprestasi baik ke sekolah menengah umum

(Gymnasium). Hauptschule dan Realschule berlangsung sampai kelas 10,

sedangkan Gymnasium berlangsung sampai kelas 13, namun sekarang akan diusulkan sampai kelas 12 saja agar sama dengan masa sekolah anak di negara lain 12 tahun saja sejak dari sekolah dasar. Perbedaan ketiga jenis sekolah umum tersebut, menandakan bahwa di Jerman anak yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi adalah yang mempunyai prestasi atau tingkat kecerdasan (IQ) yang baik pula yakni tamatanGymnasium, sedangkan prestasi yang kurang akan disiapkan untuk menjadi tukang, kerja bengkel, bangunan, dan sejenisnya melalui sekolah Hauptschule. Bagi mereka yang prestasinya mencukupi atau lumayan, disiapkan di sekolah menengah plus Realschule yang setamat dari sana akan dapat bekerja di bank, pegawai pemerintah, asuransi, dsb. Jadi anak yang tamat dari Gymnasium dapat memilih kuliah di perguruan tinggi sesuai minat dan keinginannya tanpa melalui testing masuk. Arbitur atau nilai dari ijazah mereka sudah dapat digunakan sebagai dasar penerimaan di universitas.

4.      Bahasa Jerman – adalah bahasa asing yang menarik

1.      Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman, sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Di Eropa bahasa Jerman merupakan bahasa ibu bagi 100 juta orang

2.      Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan.

3.      Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan membuka wawasan intelektual. Kebudayaan Jerman mewujudkan diri dalam berbagai bentuk: dari sastra dan musik, teater dan film hingga ke arsitektur, lukisan, filosofi dan seni. Pengetahuan bahasa Jerman memungkinkan mengenal satu dari kebudayaan besar Eropa dalam bentuk aslinya

4.      Bahasa Jerman membuka pintu ke perkuliahan di universitas Jerman. Meskipun kuliah internasional di universitas Jerman memungkinkan Anda studi di Jerman tanpa pengetahuan bahasa Jerman, penguasaan bahasa Jerman tentu saja menguntungkan jika ingin studi di sana. 

 

5.      -Uni Eropa adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota negara-negara Eropa. Uni Eropa merupakan kelompok 28 negara independen yang unik. Uni eropa bukanlah sebuah negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, melainkan sebuah badan otonom di antara keduanya. Dalam bidang hukum

-Krisis ekonomi uni eropa prancis mengalami kebangkrutan, uni eropa membantu tapi penuh dengan kontra dari  anggota bagian uni eropa, karena pemasukan uang Negara harus di berikan secara sukarela ke prancis.

-Di Uni Eropa tidak ada bank syariah seperti di indonesia, semua standart seperti bank-bank pada umumnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar